Kabar Bima

Dewan Usulkan Staf Ahli Fraksi dan Sekretaris Komisi

203
×

Dewan Usulkan Staf Ahli Fraksi dan Sekretaris Komisi

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Guna mendukung profesionalitas kerja anggota DPRD Kabupaten Bima, dan memaksimalkan tiga fungsi dewan, pada rapat Panitia Khusus (Pansus) mengusulkan dibentuknya staf ahli pada fraksi dan sekretaris non anggota dewan di masing-masing Komisi.

Kantor DPRD Kabupaten Bima
Kantor DPRD Kabupaten Bima

Anggota Pansus DPRD Kabupaten Bima, Edy Muhlis, S.Sos mengaku, keberadaan staf ahli fraksi dan sekretaris Komisi sangat penting. Apalagi, keberadaan staf ahli dan sekretaris komisi dimungkinan oleh aturan.

Dewan Usulkan Staf Ahli Fraksi dan Sekretaris Komisi - Kabar Harian Bima

“Dewan itu pejabat politik. Dalam menjalankan fungsinya, ada hal – hal tekhnis yang membutuhkan peran seorang ahli dan profesional,” jelasnya, Sabtu (18/10).

Kebaradaan wakil rakyat di Kabupaten Bima selama ini tumpul jika dibenturkan dengan salah satu fungsi. Seperti fungsi kontrol, dengan keterbatasan pengetahuan dan analisa persoalan, maka tak jarang fungsi itu tidak mampu didorong dengan maksimal.

Disitulah peran dari staf ahli di Fraksi. Setiap ada persoalan, mereka yang profesional mampu mengidentifikasi persoalan, melihat sisi kurang dan lebih nya masalah, kemudian mencarikan solusi untuk penyelesaian.

“Jika sudah dibentuk, maka akan memudahkan wakil rakyat untuk memaksimalkan peran dan fungsi,” tutur mantan wartawan itu.

Ia menambahkan, melalui Pansus keinginan itu sudah diakomodir. Hanya tinggal menunggu peraturan daerah (Perda).

Anggota Dewan lain, Syaiful Sufi mengaku­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­ Itu dua hal itu memang perlu, apalagi ada aturan yang memungkin itu dibentuk. “Keberadaan staf ahli, menjadi bagian penting kinerja dewan, biar terukur dan efektif. Agar dewan juga tidak asal bunyi,” katanya.

Terlebih orang-orang yang profesional dotempatkan dibidangnya, kelompok pakar atau ahli untuk mendukung langkah maju dewan dalam menjalankan tugasnya.

“Sekretaris Komisi juga, fungsinya sama dengan staf ahli frkasi, keberadaannya mendukung kinerja dewan,” imbuh duta PKS itu.

*Bin