Kabar Bima

Bupati Minta Inspektorat Audit Proyek Dermaga Langgudu

253
×

Bupati Minta Inspektorat Audit Proyek Dermaga Langgudu

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Bupati Bima meminta kepada Inspektorat untuk segera mengaudit khusus proyek pembangunan dermaga di Desa Karampi dan Desa Sarae Ruma Kecamatan Langgudu yang diduga merugikan keuangan negara. (Baca. Empat Pejabat Diperiksa, Terkait Kasus Dermaga)

Ilustrasi
Ilustrasi

Kepala Inspektorat Kabupaten Bima Drs. H. Arifudin mengakui jika atasannya itu memerintahkan untuk segera audit proyek tersebut. Dan saat ini, Tim dari Inspektorat yang telah dibentuk tengah bekerja melaksanakan perintah dimaksud. ”Sudah seminggu Tim bekerja. Kita tunggu hasil kerja mereka,” ujarnya, Kamis (23/10).

Bupati Minta Inspektorat Audit Proyek Dermaga Langgudu - Kabar Harian Bima

Kata dia, audit akan terus berjalan. Sementara pihaknya juga harus mempelajari semua dokumen-dokumen lain untuk ditindaklanjuti dengan cek fisik.

”Perintah Bupati, audit ini dilakukan untuk mengetahui apakah pengelolaan anggaran Negara dilakukan secara transparan atau tidak,” tuturnya.

Ia berjanji, dalam waktu yang tidak terlalu lama, Tim akan segera menyelesaikan proses audit dan melaporkannya ke Bupati Bima. Setelah itu, dilaporkan juga ke BPK, BPKP dan ke Kementrian dalam Negeri.

”Nanti ada Surat Keterangan Tanggungjawab Mutlak (SKTJM) dari pengelola proyek yang harus ditandatangi, sebagai temuan atau tidak adanya temuan kerugian Negara,” jelasnya.

Semua proyek yang terindikasi adanya kerugian Negara, lanjutnya, tetap akan diaudit. Sebab, sudah menjadi keharusan, sesuai adanya laporan dari masyarakat ataupun temuan Inspektorat sendiri.

”Intinya, kita akan melakukan audit agar semuanya jelas. Hasilnya nanti, juga akan kita ekspos,” katanya.
Menjawab hasil audit itu akan diberikan ke Kejaksaan atau tidak, Arifudin mengaku pihaknya hanya bertugas sebagai tim audit Pemerintah.

*Teta