Tes CPNS Kota Bima, Dimulai

Kota Bima. Kahaba.- Tes Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari Pelamar Umum Tahun 2014 dimulai. Sejumlah 1237 pelamar Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Kota Bima yang dinyatakan lulus tahap administrasi, melaksanakan test tertulis mulai hari Kami (23/10) hingga 28 Oktober mendatang.

Walikota Bima HM. Qurais H. Abidin meninjau persiapan sebelum dimulainya Tes CPNS. Foto: Bin

Walikota Bima HM. Qurais H. Abidin meninjau persiapan sebelum dimulainya Tes CPNS. Foto: Hum

Kabag Humas dan Protokol, Ihya Ghazali, S.Sos melalui rilisnya mengatakan, dalam satu hari akan dilaksanakan test sebanyak empat sesi dan masing-masing sesi terdiri dari 55 orang. Jika ditotal, maka ada 220 orang peserta yang akan melaksanakan test tertulis setiap harinya.

Komposisi soal terdiri dari tes wawasan kebangsaan sebanyak 175 soal, tes intelegensi umum sebanyak 150 soal, dan tes karakteristik psikologi sebanyak 175 soal.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana tes dari Tim teknis CAT BKN X Denpasar Hery Yulianto, berdasarkan pemantauan selama dua sesi tes yang telah berlangsung, para peserta umumnya lebih dulu mengerjakan soal tes wawasan kebangsaan dan intelegensi umum. Sementara tes karakteristik psikologi dikerjakan paling akhir.

Sementara Kepmen PAN RB Nomor 29 tahun 2014, passing grade atau ambang batas kelulusan untuk tes wawasan kebangsaan sebesar 126 poin, tes intelegensi umum 75 poin dan tes karakteristik psikologi 70 poin.

Diakuinya, sebelum pelaksanaan tes dimulai, Walikota Bima HM. Qurais H. Abidin meninjau persiapan peralatan, sarana dan prasarana. Orang nomor satu di Kota Bima itu juga menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang tinggi atas kerja sama yang baik dari Tim BKN regional X Denpasar. Diharapkannya bahwa pelaksanaan ujian ini akan berlangsung lancar dan sukses dari awal hingga akhir.

Kemudian, Wakil Walikota Bima H. A. Rahman H. Abidin yang juga berkesempatan meninjau pelaksanaan test pada sesi kedua, menyarankan kepada BKD Kota Bima agar memperhatikan kebutuhan peserta tes berupa air minum, pendingin ruangan (AC) dan petugas medis.

Demikian pula kepada petugas informasi, diharapkan tetap stand by memberikan penjelasan kepada pihak keluarga yang menunggu.

Bagi keluarga yang menunggu disediakan ruang khusus yang dilengkapi dengan layar monitor khusus sehingga dapat melihat anak maupun keluarganya yang sedang melaksanakan tes.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *