Januari, Dukcapil Luncurkan Satu Unit Mobil Pelayanan Keliling

Kabupaten Bima, Kahaba.- Bermaksud memudahkan pelayanan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK), terutama untuk warga yang berdomisili di pelosok, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) dalam waktu dekat akan segera meluncurkan satu unit Mobil Pelayanan Keliling.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Bima, Drs. Sirajudin AP, MM menunjukan gambar mobil pelayanan keliling yang siap diluncurkan Januari 2015

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Bima, Drs. Sirajudin AP, MM menunjukan gambar mobil pelayanan keliling yang siap diluncurkan Januari 2015. Foto: Bin

“Mobil itu kita namai Mobil Pelayanan Keliling, Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil Dinas Dukcapil Kabupaten Bima,” sebut Kepala Dukcapil Kabupaten Bima, Drs. Sirajudin AP, MM, Jumat (31/10).

Ia mengaku, mobil tersebut, Januari 2015 mendatang akan diluncurkan dan mulai beroperasi di seluruh Desa di Kabupaten Bima. “Setiap hari mobil itu keliling dan melayani masyarakat yang mengurus KTP dan KK,” jelasnya.

Keberadaan mobil dimaksud akan sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Bagaimana tidak, jika setiap hari masyarakat di pelosok Kabupaten Bima datang mengurus KTP dan KK harus menghabiskan uang mencapai Rp 150.000. Maka membengkaknya biaya tersebut, tidak akan terjadi lagi.

Uang sebanyak Rp 150.000, dijelaskannya, untuk biaya transportasi pulang pergi. Belum lagi urus melalui pihak ketiga. Tapi dengan adanya Mobil Pelayanan itu, masyarakat hanya merogoh kocek sebesar Rp 15 ribu.

“Januari tahun 2015 nanti KK dan KTP sudah gratis. Sebenarnya sekarang juga sudah bisa gratis. Tapi karena kami masih kesulitan blangko, maka masih menerapkan biaya sebanyak Rp 15 ribu,” tuturnya.

Mengenai Mobil dimaksud, Sirajudin menjelaskan, peralatannya sudah cukup lengkap. Ada TV, Laptop, Server, Satelit dan layanan On line. Sehingga saat melayani masyarakat, KTP dan KK bisa diambil saat itu juga.

“KTP dan KK langsung dicetak, tapi untuk akte kelahiran tidak bisa, harus ke Kantor,” terangnya.

Kata dia, tahun 2015 mendatang, pihaknya akan mengajukan lagi ke Bappeda Kabupaten Bima untuk penambahan satu unit. “Jika Bappeda berbaik hati, dan melihat manfaat Mobil ini, pasti akan ditambah,” ucapnya.

Sirajudin menambahkan, dari seluruh Indonesia, hanya enam Daerah yang memiliki Mobil tersebut. Sementara di NTB, hanya dua daerah, Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu.

“Ini menjadi bagian dari upaya kami untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat Kabupaten Bima, “ tambahnya.

*Bin

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *