Kabar Bima

2014, Dikes Target Temukan 307 Penderita TBC

194
×

2014, Dikes Target Temukan 307 Penderita TBC

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Angka penderita penyakit TBC di Kota Bima terbilang banyak, hanya saja Pemerintah melalui Dinas terkait masih kesulitan menemukan, karena penderita merahasiakan.

Ilustrasi TBCKendati demikian, Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima membuat target pada tahun ini, menemukan pendeita TBC sebanyak 307 orang.

2014, Dikes Target Temukan 307 Penderita TBC - Kabar Harian Bima

“Yang sudah terdata hingga saat ini sebanyak 103 orang, dan tersebar diseluruh Kecamatan di Kota Bima,” sebut Kepala Dikes Kota Bima Drs. H. Azhari.

Dari jumlah yang terdata, diakuinya, secara rutin diberikan pengobatan secara berkala, untuk enam bulan dan setahun. Namun, dari penanganannya, masih saja ditemukan penderita yang tidak berobat secara rutin.

“Ada juga beberapa orang penderita yang tidak teratur minum obat, karena berhenti, maka pengobatannya dimulai dari awal,” jelasnya.

Sementara penderita yang sudah sembuh, lanjut Azhari, ada hanya saja masih sangat rendah. “Masalah pengobatan TBC itu kesadaran dan harus dibarengi dengan gizi yang baik,” katanya.

Ditanya Kelurahan Yang paling banyak penderita TBC, ia menyebutkan berada di Kelurahan Paruga. Meski, jumlahnya juga tersebar di Kelurahan lain.

*Bin