2014, Dikes Target Temukan 307 Penderita TBC

Kota Bima, Kahaba.- Angka penderita penyakit TBC di Kota Bima terbilang banyak, hanya saja Pemerintah melalui Dinas terkait masih kesulitan menemukan, karena penderita merahasiakan.

Ilustrasi TBCKendati demikian, Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima membuat target pada tahun ini, menemukan pendeita TBC sebanyak 307 orang.

“Yang sudah terdata hingga saat ini sebanyak 103 orang, dan tersebar diseluruh Kecamatan di Kota Bima,” sebut Kepala Dikes Kota Bima Drs. H. Azhari.

Dari jumlah yang terdata, diakuinya, secara rutin diberikan pengobatan secara berkala, untuk enam bulan dan setahun. Namun, dari penanganannya, masih saja ditemukan penderita yang tidak berobat secara rutin.

“Ada juga beberapa orang penderita yang tidak teratur minum obat, karena berhenti, maka pengobatannya dimulai dari awal,” jelasnya.

Sementara penderita yang sudah sembuh, lanjut Azhari, ada hanya saja masih sangat rendah. “Masalah pengobatan TBC itu kesadaran dan harus dibarengi dengan gizi yang baik,” katanya.

Ditanya Kelurahan Yang paling banyak penderita TBC, ia menyebutkan berada di Kelurahan Paruga. Meski, jumlahnya juga tersebar di Kelurahan lain.

*Bin

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *