Kabar Bima

Dikes Gelar Pelatihan Sanitarian Handal

213
×

Dikes Gelar Pelatihan Sanitarian Handal

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Berkomitmen menyiapkan sanitarian atau tenaga medis sanitasi yang handal, Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima, Kamis (13/11) menggelar pelatihan khusus.

Ilustrasi
Ilustrasi

Kegiatan di Aula Dikes Kota Bima melibatkan peserta sebanyak 20 orang dari sanitarian yang bertugas disemua Puskesmas se-Kota Bima.

Dikes Gelar Pelatihan Sanitarian Handal - Kabar Harian Bima

Kepala Dikes Kota Bima, Drs. H. Azhari mengatakan, kegiatan pelatihan yang digagas itu bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sanitarian Puskesmas dalam mengelola klinik sanitasi.

“Selain itu, untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan dan keterampilan sanitarian serta mengetahui berapa Puskesmas yang aktif menajalankan klinik sanitasi di Puskesmas,” jelasnya.

Menurut dia, pelatihan juga sangat penting sebagai upaya untuk mencapai Millenium Development Goals (MDGs) Tahun 2015. Mengingat puskesmas mempunyai peran yang sangat penting, baik sebagai penanggungjawab maupun ujung tombak untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya.

Dalam melaksanakan perannya, sambung Azhari, puskesmas melakukan empat upaya pelayanan kesehatan yakni promotif, preventif, curative dan rehabilitasi.

Sebab paradigma sehat yang merupakan paradigma untuk mencapai Indonesia sehat adalah paradigma pembangunan kesehatan yang lebih menekankan pada upaya promotive dan preventive.

“Oleh karena itu, keberadaan sanitarian sebagai sumber daya manusia yang mengelola klinik sanitasi sangat diharapkan dapat berperan secara maksimal di puskesmas untuk menanggulangi permasalan itu,” tandasnya.

*Bin