BPMPK Gelar Pelatihan Penguatan Kapasitas Kader Posyandu

Kota Bima, Kahaba.- BPMPK Kota Bima menggelar Pelatihan penguatan kapasitas kader posyandu tingkat Kota Bima di Aula Kantor Camat Mpunda, Selasa (25/11). Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Asisten I Kota Bima Drs. M. Farid M Si.

Ilustrasi

Ilustrasi

Pelatihan yang bertemakan Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Kader sehingga terlaksana Pelayanan Kepada Masyarakat itu diikuti 162 peserta yang berasal dari pengurus pos pelayanan terpadu (posyandu) se-Kota Bima.

Dari 162 peserta ini terbagi dalam tiga angkatan, masing-masing angkatan sebanyak 54 orang peserta.

Adapun narasumber dalam pelatihan ini sebanyak lima orang, masing-masing Ketua TP PKK Kota Bima, Assiten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Bima, Dinas Kesehatan Kota Bima, BPPKB Kota Bima dan BPMPK Kota Bima.

“Sasaran kegiatan yakni Kader posyandu yang dikhususkan yakni kepada ketua posyandu diharapkan mampu meningkatkan kapasitas dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM),” lapor Ketua Kegiatan Drs. H. Hajairin MS melalui rilis yang disampaikan Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima Ihya Ghazali, S.Sos.

Sementara Asisten I Kota Bima Drs. Farid Msi menyampaikan, saat ini layanan bidang kesehatan membutuhkan wadah yang memberikan pelayanan tepat dan murah, serta mampu menjawab berbagai masalah sosial dasar masyarakat.

Wadah tersebut diharapkan tidak berkotak-kotak, yang menyebabkan sulitnya koordinasi dan timbulnya ego sektoral dalam pelaksanaan program dan kegiatan.

Pos Pelayanan Terpadu atau disingkat Posyandu, merupakan lembaga kemasyarakatan yang tumbuh dan berkembang melalui prinsip dari, oleh dan untuk masyarakat. Kemudian diharapkan sebagai wadah yang mampu memberikan pelayanan kesehatan dan sosial dasar masyarakat.

“Upaya meningkatkan fungsi dan kinerja posyandu menjadi kepedulian semua pihak, sehingga keberhasilan posyandu menjadi tanggung jawab bersama. salah satu permasalahan posyandu yang paling mendasar adalah rendahnya tingkat pengetahuan kader baik dari sisi akademis maupun teknis,” paparnya.

Diakhir sambutan, ia berharap para peserta dapat memanfaatkan kegiatan tersebut dengan sebaik-baiknya, guna menambah bekal pengetahuan.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *