Puncak Peringatan HUT DWP Ke-15, Meriah

Kota Bima, Kahaba.- Puncak peringatan HUT Dharma Wanita Persatuan (DWP) ke-15 di Paruga Na’e Convention Hall, Selasa (09/12) berlangsung meriah.

Ilustrasi

Ilustrasi

Pelaksanaan acara puncak peringatan ini diawali dengan pengumuman berbagai mata lomba diantaranya yakni gerak jalan tepat waktu, lomba kreasi jilbab dan lomba murrotal Al-Qur’an.

Acara ini dihadiri oleh Walikota Bima HM Qurais H. Abidin, FKPD Kota Bima, Ketua TP KK Kota Bima Hj Yani Marlina HM Qurais, Ketua GOW Kota Bima Hj. Badrah Ekawati, dan kepala SKPD Lingkup Pemerintah Kota Bima dan ratusan anggota DWP dari berbagai instansi serta sekolah di Kota Bima.

Ketua Panitia kegiatan Ny. Sri Rahayu M. Farid melaporkan, perayaan HUT ini ditujukan memperkuat rasa kebersamaan dan bangga terhadap organisasi serta sebagai bentuk partisipasi dan kontribusi terhadap program pemerintah.

“Kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahim seluruh anggota Dharma Wanita yang ada di Kota Bima,” ujarnya melalui rilis Plt. Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima Ihya Ghazali, S.Sos.

Adapun tema yang diangkat pada HUT ke- 15 DWP Tahun 2014 adalah ”DWP tanggung jawab kita semua, tantangan perempuan di era globalisasi”. Berbagai kegiatan yang dilaksanakan dalam memperingati usia DWP ke 15 ini diantaranya, Lomba Halaqah Murratal yang dilaksanakan pada tanggal 15-16 November Tahun 201 di aula Pemerintah Kota Bima, Lomba Kreasi Jilbab yang dilaksanakan pada tanggal 22 November 2014, dan Lomba Gerak Jalan Tepat Waktu yang dilaksanakan pada tanggal 27 Nopember 2014. Star dari lapangan Pahlawan Raba dan Finish di depan Kantor Walikota Bima.

Lomba gerak jalan tepat waktu baru kali ini, selain diikuti oleh DWP dari SKPD, DWP Kemenag, DWP kecamatan, DWP KCD, DWP sekolah – sekolah; SMA/SMK/MAN, SMP dan MTS yang ada di Kota Bima, juga diikuti ibu-ibu Istri Anggota DPRD Kota Bima.

Selain itu pula kegiatan rutin lain yang dilakukan adalah Kunjungan Bhakti sosial atau Anjangsana Di SLB Pane dan SLB Rontu, pada tanggal 2 Desember 2014. Kedua SLB ini adalah merupakan sekolah binaan DWP Kota Bima. Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Palibelo, yang dilaksanakan pada tanggal 4 Desember 2014.

Dalam sambutan Ketua DWP Pusat yang dibacakan oleh Ketua DWP Kota Bima Ir Baji Makarumpa M Rum, perayaan kali ini sekaligus merayakan hadirnya pemerintahan baru hasil pilihan rakyat indonesia. Sebagai pemerintahan yang masih baru perlu mendapat dukungan dari seluruh komponen bangsa termasuk DWP yang merupakan satu-satunya organisasi istri PNS. Oleh karenanya, DWP harus terus ikut meningkatkan peran perempuan, membawa bangsa ini menjadi bangsa yang lebih cerdas.

“Sebagai ibu, kaum perempuan sadar akan tugasnya untuk membina anak perempuan agar mengerti kesehatan reproduksinya serta melakukan pembinaan pola asuh dan tumbuh kembang anak, juga perlu ditingkatkan pengetahuan guna memberdayakan perempuan dalam peningkatan usaha ekonomi keluarga. kaum Perempuan harus mampu mengangkat sumber daya manusia indonesia untuk bersaing di era yang berskala internasional”, jelas Umi Sekda (Sapaan Akrab Ketua DWP Kota Bima, red).

Disampaikannya pula bahwa ke depannya DWP masih perlu melangkah dan masih banyak masalah secara nasional yang perlu diselesaikan. Kaum perempuan hendaknya selalu kritis dalam melihat isu-isu yang sedang berkembang dalam masyarakat dan membuat penyelesaian secara antisipatif. Tak bisa tinggal diam melihat kemerosotan moral yang terjadi saat ini seperti kekerasan terhadap kaum perempuan dan anak.

“Kiranya dengan pergantian pemimpin tertinggi Republik Indonesia, Dharma Wanita Persatuan tetap bersatu dan berpartisipasi bagi bangsa kita sendiri. rasa percaya diri DWP, akan membawa dampak yang positif bagi masyarakat sehingga tetap berjaya di negara kita”, ujarnya mengakhiri sambutannya.

Walikota Bima HM Qurais H Abidin dalam sambutannya menyampaikan pujiannya kepada seluruh anggota Dharma Wanita Persatuan yang selama ini telah secara maksimal membantu berbagai program pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Saya atas nama pribadi dan pemerintah mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setingi-tingginya. Dan saya harapkan dalam kurun waktu ke depan DWP harus bekerja lebih proaktif untuk mengatasi keterbatasan SDM sekaligus mengisi ruang-ruang kosong yang belum tersentuh oleh pemerintah,” harapnya.

Disela-sela sambutannya, Qurais berpesan kepada ibu-ibu anggota DWP yang hadir sebagai istri harus mendukung pekerjaan suami dan juga harus bermasyarakat.

“Keikhlasan ibu-ibu untuk mendampingi suami harap terus dipupuk agar suami dapat bekerja lebih kreatif, lebih bersemangat dalam melayani masyarakat, sekaligus lebih berkontribusi mendorong percepatan peningkatan kemajuan kota bima tercinta. Juga jangan bosan mendukung dan mengingatkan suami untuk tetap bekerja dengan baik sebagai kewajiban abdi negara dan abdi masyarakat dengan tidak meninggalkan komunikasi secara teratur dan hormanis antara anggota keluarga di rumah”, pesan Walikota Bima dengan senyum.

Demikian pula di lingkungan masyarakat, diajaknya seluruh anggota DWP untuk menjadi garda terdepan meningkatkan tumbuhnya partisipasi masyarakat dalam pelestarian lingkungan. Dharma wanita bisa ikut menjadi relawan di RT-nya masing-masing, ikut menjadi contoh masyarakat menata lingkungan mulai dari pekarangan yang hijau dan bersih, menanam pohon yang bermanfaat dan menjaga kebersihan lingkungan.

“Mari kita jadikan HUT DWP kali ini sebagai momentum membangun etos kerja dengan semangat etos kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja ikhlas”, pesannya mengakhiri sambutannya.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *