Pemkab Bima Raih Penghargaan Bidang Lingkungan

Kabupaten Bima, Kahaba.- Momen Apel gabungan perdana lingkup Pemerintah Kabupaten Bima yang berlangsung Senin (5/1) di halaman kantor Bupati Bima dimanfaatkan Bupati Bima Drs. H. Syafrudin HM. Nur M.Pd untuk mengumumkan penerimaan piagam atau anugrah Raksaniyata.

Penghargaan Bidang Lingkungan yang diraih Pemkab Bima. Foto: Hum

Penghargaan Bidang Lingkungan yang diraih Pemkab Bima. Foto: Hum

Penghargaan tersebut diberikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI kepada Pemerintah Kabupaten Bima yang dinilai berhasil mencegah terjadinya kerusakan lingkungan khususnya meningkatkan tutupan vegetasi di kawasan lindungan.

Penghargaan diserahkan secara simbolis oleh kepala BLH Kabupaten Bima Drs. H.Mohammad Mawardi, MT kepada Bupati Bima Drs. H.Syafrudin HM.Nur.M.Pd. Raksaniyata diberikan kepada Kabupaten dan Kota yang berhasil mencegah terjadinya kerusakan lingkungan dalam hal ini meningkatkan tutupan vegetasi di kawasan lindung.

Penyerahan pengharagaan Raksaniyata diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan DR. Siti Nurbaya A. Bakar, pada puncak Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional bertempat di Gedung Manggala Wana Bakti, Jakarta pada hari Senin, Tanggal 22 Desember 2014 kepada 20 Kabupaten Kota yang lolos tahap seleksi Lomba Menuju Indonesia Hijau.

Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima M. Chandra Kusuma, AP melalui Rilisnya mengatakan, langkah Kabupaten Bima meraih prestasi ini melewati beberapa tahapan. Penilaian Lomba Menuju Indonesia Hijau diawali penyampaian Laporan terkait Kebijakan Pemerintah Daerah Bidang Pengelolaan Tutupan Vegetasi.

Kegiatan lainnya adalah penanaman pohon baik di kawasan hutan maupun di pesisir pantai oleh Pemerintah, Masyarakat, dan dunia usaha (AMDK Hilwa). Termasuk penanaman Mahasiswa Pecinta Alam.

Selanjutnya Bupati melakukan Presentasi di hadapan Dewan Panitia yang terdiri dari pakar lingkungan di Jakarta pada tanggal 11 September 2014. Kemudian Tim Pusat melakukan penilaian Citra Satelit terhadap tutupan Vegetasi di wilayah Kabupaten Bima.

Untuk memastikan keabsahan dokumenter, tim pusat kemudian melakukan Verifikasi lapangan pada lokasi Penghijauan pada lerengan di desa Ntori Kecamatan wawo, sekitar mata air di dusun Kawe, desa Maria Utara Kecamatan wawo, Penghijauan oleh AMDK Hilwa di desa Nipa Kecamatan Ambalawi.

lokasi lainnya adalah Penanaman mangrove di desa Lewintana Kecamatan Soromandi, Penanaman baru untuk perkebunan di desa Wadukopa kecamatan Soromandi, Penghijauan di desa Campa Kecamatan madapangga dan Pembibitan di desa Bumi Pajo Kecamatan Donggo.

Pada kesehatan tersebut juga dilakukan penyerahan truk serba guna (mobil dalmas) kepada Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Bima Abdul Wahab Usman, SH. Penyerahan bantuan truk serbaguna. Merk Isuzu senilai Rp. 425 Juta dari BNPB RI ini ditandai penyerahan kunci mobil.

Selain penyerahan Mobil, juga dilakukan penandatanganan berita acara pinjam pakai mobil Ambulans dari BPBD Kabupaten Bima kepada RSUD Sondosia Kabupaten Bima yang dilakukan oleh Kalak BPBD Kabupaten Bima dan Direktur RSUD Sondosia dr. Adi W, disaksikan oleh Bupati Bima.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *