Kabar Bima

Pemkab Bima Dinilai Berhasil Cetak Sawah Baru

300
×

Pemkab Bima Dinilai Berhasil Cetak Sawah Baru

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Selama tiga Tahun terakhir, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima dinilai berhasil mencetak sawah baru. Sejak Tahun 2012 hingga Tahun 2014, cetak sawah baru mencapai 860 hektar.

Ilustrasi
Ilustrasi

“Program cetak sawah baru Tahun 2012, tahap pertama yang sumber anggarannya dari pusat berhasil dicetak sawah baru seluas 100 Hektar,” ujar Kabid Pengembangan Lahan Dinas Pertanian dan Holtikultura Muhamad SPt melalui siaran persnya, Kamis (8/1).

Pemkab Bima Dinilai Berhasil Cetak Sawah Baru - Kabar Harian Bima

Karena dinilai berhasil, Tahun 2013, Pemerintah Pusat memberikan tambahan alokasi dana untuk program yang sama. Ditahun itu berhasil dicetak sawah baru seluas 300 hektar di Sepuluh Kecamatan.

“Bahkan di Tahun itu, Kabupaten Bima bahkan mampu mencetak sawah lebih dari target, dari 300 Hektar menjadi 334 Hektar,” jelasnya.

Tahun berikutnya, Pemkab Bima kembali menjalankan program yang sama dengan cetak lahan lebih luas, yaitu mencapai 400 Hektar yang diberikan pada 15 Kelompok Tani.

“Seluruh program tersebut sudah terlaksana dengan baik, bahkan dapat meningkatkan produksi pangan di Bima. Sejalan dengan program Pemerintah saat ini yakni ketahanan pangan,” tuturnya.

Kedepan, ia menambahkan, rencananya akan mencetak sawah baru seluas 5000 hektar. “Tahun inipun kita dapat program tambahan dan itu sudah disetujui,” tambahnya.

*Abu