Kabar Bima

Pipa PDAM Bocor, Jalan Rusak

208
×

Pipa PDAM Bocor, Jalan Rusak

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Pipa utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bima, yang melintang di dalam jalan raya, acapkali bocor menembus aspal dan merusak jalan.

Pipa PDAM yang seringkali bocor menyebabkan jalan rusak. Foto: Bin
Pipa PDAM yang seringkali bocor menyebabkan jalan rusak. Foto: Bin

Seperti terlihat dari jalan Negara wilayah Kelurahan Kumbe hingga depan Eks Kantor Pemkab Bima, kebocoran pipa bocor dan jalan rusak nampak disisi jalan.

Pipa PDAM Bocor, Jalan Rusak - Kabar Harian Bima

Bahkan di beberapa ruas jalan, seperti di depan SMPN Kumbe dan kantor Polsek Rasanae Timur, lubang jalan akibat pipa bocor, begitu parah.

PDAM pun tak bisa berbuat banyak. Setelah memperbaiki pipa, hanya bisa menambal seadanya dengan semen. Upaya perbaikan itu tentu tidak bertahan lama.

Direktur PDAM Bima, H Usman MH, yang dikonfirmasi Jum’at (16/1) kemarin, mengaku memang tidak bisa berbuat maksimal soal pipa utama yang selalu bocor. Sebab, pipa utama sudah dalam kondisi tidak layak pakai.

“Umurnya sudah tua. Yang bisa dilakukan PDAM hanya menyambung kembali pada titik yang bocor,” ujarnya.

Untuk mengganti pipa tersebut, katanya, bukan kewenangan PDAM. Disamping harganya mahal, Kementerian Pekerjaan Umum lah yang punya urusan. Artinya tugas Dinas PU Kota dan Kabupaten Bima.

“PDAM hanya sebagai penerima manfaat dari infrastruktur yang ada. Paling yang menjadi kewajiban perusahaan seperti pemeliharaan dan pengoperasian air minum yang ada di pembangkit saja,” jelasnya.

Soal jalan berlubang, lanjutnya, pihaknya sudah melakukan perbaikan semampunya saja. Dengan menutup lubang dari pipa yang bocor dengan semen.

*Bin