Kabar Bima

Asah Peka Lingkungan, KSM Gelar Baksos

266
×

Asah Peka Lingkungan, KSM Gelar Baksos

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Kualitas generasi muda menjadi salah satu pilar semakin baiknya masa depan Bangsa. Berawal dari yang terkecil saja, seperti kepedulian terhadap lingkungan dan sesama, merangsang pembentukan karakter generasi kearah yang lebih baik.

Anggota KSM disela sela membersihkan TPU Lingkungan Busu. Foto: Bin
Anggota KSM disela sela membersihkan TPU Lingkungan Busu. Foto: Bin

Seperti yang dilakukan Komunitas Sarangge Mbojo (KSM) Bima, Minggu (18/1). Guna mengasah kepekaan terhadap lingkungan dan sosial serta membentuk karakter peduli sejak dini, KSM menggelar Bakti Sosial (Baksos) di Lingkungan Busu Kelurahan Ntobo.

Asah Peka Lingkungan, KSM Gelar Baksos - Kabar Harian Bima

Sasaran Baksos, Tempat Pemakaman Umum (TPU) dan Masjid lingkungan setempat. Kehadiran mereka pun disambut antusias oleh warga ujung timur Kota Bima itu.

“Kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin KSM dalam tiga bulan sekali. Sasarannya memang di daerah terpencil,” Bayu Sodikin, Ketua KSM disela – sela membersihkan TPU Busu.

Kata dia, kegiatan itu bertujuan mendidik anak-anak dan generasi muda untuk bisa melihat kondisi masyarakat pinggir Kota. Agar kepedulian dan rasa sosial terhadap lingkungan sekitar tidak hilang ditelan jaman.

Anggota KSM saat membersihkan Masjid di Lingkungan Busu. Foto: Bin
Anggota KSM saat membersihkan Masjid di Lingkungan Busu. Foto: Bin

“Kami mengakui, kami bukan siapa – siapa. Namun melalui organisasi ini kami coba memberi ruang untuk generasi agar melihat segala hal disekitar mereka. Minimal peduli dan bersahabat dengan lingkungan,” jelasnya.

Sambung Bayu, Baksos KSM tidak sekali ini saja. Di lingkungan Busu, sudah yang kesekian kalinya. Beberapa daerah pinggir Kota Bima sudah pernah disambangi untuk Baksos.

“Karena sudah menjadi agenda rutin, maka tiga bulan kedepan kami sudah menjadwalkan untuk melaksanakan kegiatan serupa di daerah lain,”tuturnya.

Ia menambahkan, organisasi yang didominasi siswa SMP dan SMA itu sudah memiliki anggota sebanyak 700 orang. Karena sesuatu dan lain hal, anggota yang hadir di Busu sekitar 50-an orang.

*Bin