Kabar Bima

Cetak Siswa Berjiwa Berani, MAN 1 Gelar Berbagai Lomba

234
×

Cetak Siswa Berjiwa Berani, MAN 1 Gelar Berbagai Lomba

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Kreatifitas Civitas MAN 1 Kota Bima untuk merangsang pertumbuhan anak didiknya menjadi pribadi yang sangat berguna patut diacungi jempol. Sekarang saja, berbagai lomba untuk mencetak pribadi yang berani tampil didepan umum dan berkompetisi kembali dilakukan.

Suasana Lomba MTQ MAN 1 Kota Bima. Foto: Bin
Suasana Lomba MTQ MAN 1 Kota Bima. Foto: Bin

Kepala MAN 1 Kota Bima, Mansyur SAg mengatakan, guna menumbuhkembangkan sikap tersebut, sejak tanggal 12 Januari lalu pihaknya menggelar lomba MTQ dalam rangka peringatan Maulid Nabi Tahun 2015.

Cetak Siswa Berjiwa Berani, MAN 1 Gelar Berbagai Lomba - Kabar Harian Bima

“Mata lombanya seperti MC, Protokol, Pidato Tiga Bahasa, Laporan Panitia Doa dan MTQ.” sebutnya, Selasa (20/1).

Sistemnya, Mansyur menjelaskan, dilakukan secara bergilir oleh seluruh 22 kelas yang ada. Dalam satu kelas, siswa harus mendapatkan kesempatan yang sama untuk mengikuti enam mata lomba dimaksud.

“Jadi siswa harus mengikuti semua enam mata lomba itu. Sekolah juga bisa mengukur dan melihat sejauh mana kemampuan siswa dari enam mata lomba, untuk kemudian nanti diarahkan mendalami lomba yang kira-kira dianggap sesuai,” ujarnya.

Kata dia, karena siswa kelas I sampai kelas 3 ikut, maka dijadwalkan dalam sehari dua sampai tiga kelas melaksanakan lomba. Sementara untuk juaranya nanti, diberikan pertingkat.

“Nanti ada juara perkelas. Juga ada juara umum, yang ditetapkan berdasarkan banyaknya perolehan medali,” tuturnya.

Untuk anggaran kegiatan, sambungnya, sekolah hanya menyediakan anggaran untuk hadiah. Sementara untuk persiapan dan pelaksanaan lomba, swadaya masing-masing kelas. “Panitianya Osis. Kita berikan ruang untuk siswa untuk belajar mendesain acara,” ucapnya.

Mansyur menambahkan, kegiatan seperti itu, rutin dilaksanakan setiap hari hari besar islam. Waktu yang digunakan, selama dua jam dari mata pelajaran agama.

“Kegiatan ini tentu memiliki maksud. Tujuan kami, dengan cara cara seperti ini kita bisa mencetak siswa untuk terbiasa tampil di tempat umum. Baik di masyarakat maupun di lingkungan lain,” tambahnya.

*Bin