Pemkot Bima Himbau Masyarakat Selektif Beli Buah

Kota Bima, Kahaba.- Keberadaan buah-buahan jenis Apel Amerika Serikat ?yang diduga mengandung virus listeriosis terus menjadi sorotan. Sebagaimana yang diberitakan  diberbagai Media massa nasional mengenai virus yang terdapat di buah apel jenis Granny Smith dan Gala.

Jenis Apel Granny Smith dan Gala yang diduga mengandung bakteri

Jenis Apel Granny Smith dan Gala yang diduga mengandung bakteri

Menindaklanjuti permasalahan tersebut Koperindag Kota Bima, Bidang Perdagangan melakukan peninjauan pasar dengan dipimpin oleh Asisten II Setda Kota Bima Ir Hj. Rini Indriati, Jum’at (30/1).

Peninjauan pasar ini diperlukan sebagai langkah untuk memastikan konsumen di Kota Bima terhindar dari dampak negatif virus tersebut. Dalam peninjauan pasar tersebut Koperindag menggandeng pihak-pihak terkait diantaranya Dinas Kesehatan, Dinas pertanian, BKP2, Bagian Ekonomi.

Pasalnya, penanganan dan pengawasan buah-buahan luar itu harus dilakukan secara menyeluruh. Buah apel diduga mengandung bakteri listeria monocytogenes itu masih dijual oleh para pedagang buah. Namun dari hasil pengecekan tersebut belum dilakukan penarikan sambil menunggu hasil uji sample yang dilakukan.

“Kepada para pedagang dihimbau untuk tidak menjual buah apel yang dimaksud, begitu pula halnya masyarakat selaku pembeli juga dihimbau agar selektif dalam membeli buah dan untuk sementara waktu hindari mengkonsumsi apel,” ujar Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima, Ihya Ghazali, S.Sos.

Kata dia, disetiap toko penjual buah, tim mengambil dua buah apel jenis Granny Smith dan Gala sebagai sample, namun belum dilakukan penyitaan. Apel ini rencananya akan diuji di laboratorium untuk memastikan kandungan bakteri di dalamnya.

Asiten II Setda Kota Bima Ir. Hj. Rini Indriati mengatakan Sidak dilakukan Tim Gabungan untuk memantau peredaran dua jenis buah apel asal Amerika Serikat yang disebut-sebut mengandung bakteri mematikan.

Menurutnya, sejauh ini Tim Gabungan belum melakukan penyitaan. Dua jenis buah apel asal Amerika Serikat yang diambil dari setiap pedagang itu, diakuinya akan diuji dahulu. Jika memang mengandung bakteri, mereka akan melakukan penyitaan.

“Saat Sidak, Hj. Rini mengimbau seluruh pedagang buah untuk sementara waktu tidak menjual buah apel jenis Granny Smith dan jenis Gala. Karena, diduga mengandung bakteri berbahaya bagi kesehatan manusia. Pedagang buah juga diminta menghentikan sementara waktu pasokan buah apel itu. Pasalnya, jika terbukti berbahaya, maka dalam waktu dekat Tim Gabungan akan melakukan penyitaan,” tambahnya

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *