Dispertanak Prioritaskan Program Peningkatan Kesejahteraan Petani dan Pengembangan Benih

Kota Bima, Kahaba.- Geliat pembangunan diberbagai bidang di Pemerintah Kota Bima sedang digalakkan, salah satunya di bidang pertanian. Selain mendukung program pemerintah pusat yakni swasembada pangan, berbagai program yang dilakasanakan oleh Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan (Dispertanak) Kota Bima berorientasi pada peningkatan kesejahteraan petani yang secara tidak langsung juga berbanding lurus dengan produksi yang dihasilkan.

Plt. Kadispertanak Sulistianto Kota Bima. Foto: Bin

Plt. Kadispertanak Sulistianto Kota Bima. Foto: Bin

Berdasarkan data program prioritas Dispertanak Kota Bima Tahun 2015, pada Tri Wulan I akan dilakukan berbagai program yang terfokus pada pengembangan perbenihan dan pembibitan, dimana dilaksanakan kegiatan pengembangan perbenihan atau perbibitan dimaksudkan untuk meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman sayur dan buah-buahan melalui penambahan luas areal penanaman tanaman sayur dan buah-buahan.

“Selain itu juga, penyaluran bantuan benih kepada kelompok tani juga dilakukan. Bantuan benih dan bibit tanaman sayur yang akan disalurkan seperti benih tomat, benih cabai, benih kacang panjang, bibit pepaya, bibit durian, dan bibit garoso,” sebut Plt. Kadispertanak Sulistianto melalui Rilis yang disampaikan Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima, Ihya Ghazali S.Sos.

Kata dia, program ini juga mendukung program yang digalakkan oleh pemerintah Kota Bima pada tahun 2015 ini yakni program penghijauan. Seperti halnya kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa (27/01) yang bekerjasama dengan Kodim 1608/Bima saat peletakan batu pertama pencanangan gerakan perbaikan irigasi di Kelurahan Nungga. Kegiatan ini juga menjadi salah satu bagian dari upaya khusus untuk meningkatkan produksi padi, jagung dan kedelai menuju swasembada pangan secara nasional.

“Pemerintah Kota Bima optimis dan siap mendukung keberhasilan pencapaian target swasembada pangan secara nasional dengan bekerja secara sinergis bersama seluruh komponen yang ada di wilayah,” ujarnya.

Di bidang peternakan pada tri wulan I diawali dengan pelaksanaan program pemeliharaan kesehatan dan pencegahan penyakit menular ternak. Kegiatan ini dimaksudkan memberikan pelayanan pemeriksaan dan pengobatan ternak di Kota Bima serta untuk menekan angka kematian ternak akibat penyakit.

Adapula program pengendalian dan penertiban ternak yang mana pelaksanaan penertiban terhadap ternak yang berkeliaran di zona larangan pelepasan ternak Kota Bima.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *