Sangeang Api Kembali Status Waspada Level II

Kabupaten Bima, Kahaba.- Dari Pos Pengamatan Gunung Api di Desa Sangiang Gunung Sangeang Api Kecamatan Wera Kabupaten Bima, sampai saat ini terpantau secara visual dan instrumental. Hasilnya, gunung api kembali berstatus waspada level II.

Kepala BPBD Kab. Bima, A. Wahab Usman, SH

Kepala BPBD Kab. Bima, A. Wahab Usman, SH

“Hasil pantauan yang diolah dan dianalisis para Ahli di Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Bandung, menyimpulkan status gunung api saat ini Waspada Level II,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima Drs. Abdul Wahab via Hp, Sabtu (31/1).

Menurut dia, tingkat kegempaan masih diatas tingkat normal. Secara visual, teramati asap berwarna putih-putih kelabu tipis dan tebal dengan tinggi sekitar 50-300 M diatas puncak.

“Citra ternal yang terekam Satelit Modis (NASA) menunjukan jumlah dan intensitas titip api berkurang jika dibanding bulan September-Nopember tahun lalu,” jelasnya.

Kata dia, Citra Satelit USGS mengindikasikan bahwa hingga saat ini aktivitas evusi lava masih masih terus membangun kompleks aliran lava yang sempit dan panjang.

Untuk itu, masyarakat disekitar Gunung, pengunjung atau wisatawan tidak diperbolehkan mendekati dan beraktifitas dalam radius 5 Km dari pusat aktifitas Gunung dan ditambah perluasan pada arah timur-tenggara, dengan jarak hingga ke garis pantai.

“Masyarakat disekitar Gunung diharapkan tetap tenang dan waspada, tidak terpancing isu-isu negatif tentang Sangiang,” himbaunya.

*Teta

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *