Penghijauan Jadi Program Utama Pemkot Bima Tahun 2015

Kota Bima, Kahaba.- Program penghijauan lingkungan menjadi agenda penting Pemerintah Kota (Pemkot) Bima tahun ini. Kepada seluruh element baik instansi pemerintah, organisasi sosial, sampai kelompok-kelompok kecil di dalam masyarakat juga akan digandeng untuk sukseskan program dimaksud.

Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima Ihya Ghazali S.Sos. Foto: Bin

Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima Ihya Ghazali S.Sos. Foto: Bin

“Dibawah kepemimpinan Kakak beradik HM. Qurais H. Abidin dan H. A. Rahman H. Abidin, SE, telah berkomitmen untuk menjadikan program penghijauan sebagai agenda utama untuk Tahun 2015,” ujar Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima, Ihya Ghazali, S. Sos melalui siaran persnya, Senin (2/2).

Kata dia, guna mendukung program tersebut, Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kota Bima menjadikan program rehabilitasi hutan dan lahan sebagai program prioritas yang akan dilaksanakan pada Tahun 2015.

Beberapa kegiatan juga telah diagendakan selama Tahun 2015, diantaranya penghijauan lahan luar kawasan. Dengan maksud agar lahan kritis yang ada di luar kawasan hutan dapat berkurang. Kegiatan itu akan difokuskan di Kelurahan Nungga dan Lelamase, dengan target yang ingin dicapai seluas 25 Hektar.

“Ini juga mendukung terlaksananya Pekan Penghijauan dan Konservasi Alam Nasional (PPKAN).” tuturnya.

Program rehabilitasi hutan ini juga difokuskan pada kegiatan peningkatan daya dukung hutan dan lahan dengan target yang sama, yakni berkurangnya lahan kritis dalam kawasan hutan seluas 30 hektar di Kelurahan Dara, Sambinae, Kumbe dan Lelamase.

Tidak hanya itu saja, target lain yang ingin dicapai di Tahun 2015 adalah terbangunnya DAM pengendali sebanyak dua unit di Kelurahan Sambinae dan Lelamase, serta dibangun pula pos pengamanan hutan di Kelurahan Ntobo.

Selain itu, Dishutbun juga melaksanakan program peningkatan produksi pertanian, perkebunan yang terfokus pada dua kegiatan, yakni penyediaan sarana produksi pertanian dan perkebunan serta pengembangan bibit unggul pertanian dan perkebunan.

Program peningkatan produksi pertanian dan perkebunan ditargetkan pembangunan perpipaan di Kelurahan Matakando untuk mengairi lahan masyarakat dapat dibangun. Disamping itu program tersebut pula diharapkan dapat meningkatkan hasil produksi kelapa, tembakau dan jambu mente di kelurahan Nitu, Matakando, Oi Fo’o dan Rontu.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *