Dishubkominfo Ajak Masyarakat Evaluasi Draft Renstra 2016 – 2020

Kabupaten Bima, Kahaba.- Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Bima Zunaidin mengajak masyarakat yang peduli terhadap kemajuan dunia transportasi komunikasi dan Informatika untuk memberikan masukan dan saran guna penyempurnaan Rencana Strategis (Renstra) Dishubkominfo Tahun 2016 – 2020.

Suasana penyusunan Renstra. Foto: Bin

Suasana penyusunan Renstra. Foto: Bin

“Silahkan berikan masukan, kritik sekalipun untuk penyempurnaan Renstra. Asal kritikan yang membangun,” pintanya usai menyerahkan Draft Rancangan Renstra di Bappeda.

Zunaidin yang di dampingi Kasubag Program dan Pelaporan Dishubkominfo Arief Rachman, menjelaskan Renstra 2016 – 2020 disusun untuk menjamin keterkaitan, keserasian serta harmonisasi antar perencanaan, penganggaran serta pelaksanaan program kegiatan yang ada di lingkungan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bima.

“Tentunya harus sesuai dan mengacu pada Tugas Pokok dan Fungsi masing – masing Bidang yang ada di Dinas, seperti Tupoksi Bidang Laut, Bidang Kominfo dan Bidang Darat,” paparnya.

Disamping itu, Renstra nantinya akan mengakomodasikan dan menjembatani berbagai kepentingan yang berkembang, sehingga dapat digunakan sebagai acuan resmi dalam menentukan prioritas program yang akan dibiayai oleh APBD Kabupaten, APBD Provinsi dan atau APBN.

“Nah, paling krusial, nantinya Renstra bisa dijadikan tolak ukur untuk pengukuran dan evaluasi kinerja seluruh pejabat yang ada di dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika, termasuk menilai dan mengukur kinerja saya sebagai kepala dinas,” jelasnya.

Sementara itu, VISI yang coba dituangkan dalam draft untuk lima tahun yang akan datang adalah terwujudnya pelayanan transportasi, komunikasi dan informatika yang handal, budaya saing dan memberikan nilai tambah.

“Handal adalah pelayanan transportasi dan komunikasi yang aman (security), selamat (safety), nyaman (comfortable), handal tepat waktu (punchtuality) terpelihara, mencukupi kebutuhan, menjangkau seluruh Kecamatan serta mampu mendukung pembangunan daerah,” tuturnya.

Lalu berdaya saing, sambungnya, diindikasikan oleh penyelenggara transportasi dan komunikasi yang terpadu, efektif dan efisiensi, dengan harga terjangkau, berkelanjutan, dilayani oleh SDM yang profesional, mandiri dan prosuktif.

Sedangkan Nilai tambah dimaksudnya penyelenggaraan perhubungan komunikasi dan informatika yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi daerah melalui iklim usaha yang kondusif bagi berkembangnya peran serta masyarakat, usaha kecil dan menengah, koperasi, mengendalikan laju inflasi melalui kelancaran orang dan mobilitas orang dan distribusi barang keseluruh wilayah Kabupaten Bima.
menurutnya, untuk mencapai Visi dan Misi ditawarkan enam visi diantaranya, meningkatkan keselamatan dan kemanan transportasi menuju zero to accident, meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap pelayanan jasa transportasi guna mendukung pengembangan konektifitas antar Kecamatan dan antar desa terutama dikawasan perdesaan, terpencil dan pedalaman.

Kemudian, meningkatkan kinerja pelayanan transportasi, komunikasi dan informatika sehingga publik dapat mengakses, memahami informasi secara kontinyu, merata dan terkini tanpa adanya diskriminasi informasi. Termasuk didalamnya pengembangan Kelompok Informasi Masyarakat KIM dan terjalinnya kemitraan dengan Media.

Ditambahkannya, Renstra baru merupakan draft, makanya, ia mengajak seluruh masyarakat, pecinta transportasi dan komunikasi, pegiat transportasi, Organda, stakeholder komunikasi dan informasi, siapapun yang peduli untuk kemajuan transportasi komunikasi dan informatika.

*Bin

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *