ATM Bank Banyak tak Punya IMB

Kota Bima, Kahaba.- Tempat Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dari berbagai Bank kini banyak di Kota Bima. Namun, keberadaannya justru mengabaikan aturan. Fakta itu membuktikan tidak adanya kesadaran pihak bank untuk mengurus Ijin Mendirikan Bangunan (IMB).

Anggota DPRD Kota Bima Samsuri. Foto: Bin

Anggota DPRD Kota Bima Samsuri. Foto: Bin

Anggota DPRD Kota Bima, Samsuri menyoroti keberadaan ATM yang hampir tak mengantongi IMB. Tak patuhnya pihak Bank, tentu merugikan Pemerintah Daerah.

“Pembangunan sejumlah ATM itu sudah lama, tapi kenapa mengabaikan aturan. Kami mengetahui ini saat kunjungan kerja dalam daerah bersama Komisi III beberapa waktu lalu di SKPD terkait,” ujarnya usai mengikuti konsultasi publik tentang Raperda IMB Kota Bima, Senin (16/2).

Menurut dia, hampir semua ATM Bank yang ada di Kota Bima tidak mengantongi IMB. Bahkan dinas terkait mengakuinya. Pelanggaran itu mestinya disikapi serius oleh Pemerintah Kota Bima.

Masalah itu tak akan terjadi seandainya Dinas maksimal mengawasi. Dinas juga seolah belum berani menindak dan memberikan sanksi. Padahal, sudah ada Perwali dan Perda tentang IMB sebagai dasar acuan untuk menindak.

“Pemerintah punya hak paksa dan bisa membongkar bila ada pihak yang tidak mengindahkan aturan,” tegasnya.

Menanggapi sorotan itu, Kepala Bidang Perijinan Dinas Tata Kota dan Perumahan (DTKP) Kota Bima, Drs Adisan membenarkan masih banyak ATM tak mengurus IMB.

“Iya benar, tapi baru ATM Bank NTB yang saat ini telah mengurus IMB. Sementara Bank lain belum. Kami mengapresiasi semangat Anggota DPRD Kota Bima yang ikut mengingatkan persoalan tersebut,” katanya.

Adisan mengaku, pihaknya sudah menyampaikan persoalan itu kepada semua Bank dan meminta agar secepatnya mengurus IMB.

*Erde/Bin

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *