Kabar Bima

Soal Tenaga Kerja, Dua Tahun BRI Bima Tidak Melapor

308
×

Soal Tenaga Kerja, Dua Tahun BRI Bima Tidak Melapor

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Soal tenaga kerja dan perjanjian kerja di BRI Cabang Bima selama dua tahun terakhir ternyata belum dilaporkan ke Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Bima. Padahal itu menjadi kewajiban.

Abdul Haris dan Marfis Antonius
Abdul Haris dan Marfis Antonius

“Pelanggaran jika tidak melapor, perjanjian kerja dan tenaga kerja mereka harus disahkan oleh kami. Selama dua tahun terakhir ini perjanjian kerja mereka belum tercatat,” sorot Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Pengawasan Ketenagakerjaan Dinsosnakertrans Kota Bima, Abdul Haris.

Soal Tenaga Kerja, Dua Tahun BRI Bima Tidak Melapor - Kabar Harian Bima

Diakuinya, dua tahun sebelumnya saja pihak BRI Bima melapor ketenagkerjaannya ke Dinas terakit. Padahal itu harus dilakukan setiap tahun. “Itu kewajiban perusahaan lo, bukan kewajiban kita di Dinas,” tegasnya.

Kata Haris, sudah beberapa kali pihaknya surati pihak BRI. Terakhir pada tanggal 26 Januari 2015, tapi BRI belum datang. “Tidak saja BRI yang kami surati, pun Perusahaan yang lain, tapi belum ada yang dating melapor,” tuturnya.

Sikap tidak patuhnya BRI dan perusahaan lain soal ketenagakerjaan itu, sambungnya, bisa diberikan teguran langsung. “Kita juga heran, disuruh dating melapor saja susah. Kalau masih belum datang juga, kita bentuk tim dan turun lapangan,” kesalnya.

Sementara itu, Pimpinan Cabang BRI Raba Bima, Marfis Antonius mengaku perjanjian itu bukan kewenangan mereka, tapi antar Kanwil. “Kami di Cabang hanya terima laporan saja,” jawabnya.

Soal surat teguran yang disampaikan Dinas terkait, kata dia, hingga kini belum terima surat tersebut dari Pemerintah Kota Bima.

*Bin