Sosialisasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja Digelar

Dinas Sosial, Tenaga kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Bima, Kamis (26/2) menggelar Sosialisasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), di Aula SMKN 3 Kota Bima. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Asisten III Setda Kota Bima Drs. Suriadi, M. Pd.

Ilustrasi

Ilustrasi

Dalam sambutannya, Suryadi mengapresiasi Dinas terkait telah menggagas kegiatan tersebut karena ada usaha nyata peningkatan kualitas sumber daya manusia yang menjadi program pemerintah mulai dari pemerintah pusat hingga pemerintah daerah.

Menurutnya, K3 merupakan dambaan bagi pekerja terutama di dunia industri dan menjadi salah satu hal mutlak untuk dilaksanakan oleh karyawan, dalam rangka meningkatkan produktivitas baik individu maupun perusahaan tempat bekerja. Pernak-pernik dalam dunia kerja berpotensi menimbulkan konflik dalam hubungan kerja.

“Jika pengusaha dan pekerja tidak mampu menyadari dan segera mengatasinya dikhawatirkan bisa menimbulkan disfungsi bagi pengusaha dan pekerja, ini tentu tidak diinginkan,” ujarnya melalui siaran pers yang disampaikan oleh Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima Ihya Ghazali, S.Sos.

Dijelaskannya, sebagian besar permasalahan ketenagakerjaan seperti kecelakaan dan penyakit akibat kerja selayaknya mendapat perhatian khusus, tidak hanya oleh pemerintah tetapi juga oleh pengusaha dan pekerja.

“Sosialisasi K3 ini menjadi wujud kepekaan, kepedulian dan tanggungjawab kita bersama.” ungkapnya.

Di akhir sambutannya Asisten III berharap ada koordinasi dari berbagi pihak baik itu pemerintah, perusahaan, pekerja dan masyarakat untuk melakukan upaya-upaya konkrit pelaksanaan K3 di lingkungan masing-masing.

Sementara itu, Kepala Bidang HI Jamsostek Disosnakertras Kota Bima, Abdul Haris, SE melaporkan kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman dan wawasan kepada pekerja dan pemberi kerja tentang ruang lingkup K3 dan sumber-sumber penyebab terjadinya kecelakaan kerja dan potensi bahaya di lingkungan kerja serta dapat memiliki keterampilan teknis dalam menjalankan dan menerapkan K3.

Haris Berharap sosialisasi ini dapat dijadikan sebagai forum strategis dalam rangka membahas permasalahan yang timbul akibat penggunaan alat keselamatan dan kesehatan kerja sekaligus dapat dijadikan sebagai upaya mencari solusi, alternatif dan tindakan nyata, sehingga ancaman kecelakaan kerja di tempat kerja dapat dikendalikan.

Kegiatan ini diikuti 40 peserta terdiri dari unsur pekerja, pengurus perusahaan dan pengusaha (pemberi kerja) di Kota Bima. Turut hadir pula Kadis Sosnakertrans dan sejumlah Kabid utusan dinas terkait.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *