BPBD Gelar Diklat Kedisiplinan Satgas Pemadam kebakaran

Kota Bima, Kahaba.- Asisten I Setda Kota Bima Drs. M. Farid MSi membuka kegiatan Diklat Peningkatan Disiplin Satgas Pemadam Kebakaran dan Tenaga Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Bima, di Aula BPBD Kota Bima, Senin (2/3).

Ilustrasi

Ilustrasi

Farid dalam sambutannya, mengapresiasi kinerja BPBD Kota Bima. Dalam waktu relatif singkat, SKPD dimaksud sudah mampu menjalin kerjasama dengan banyak pihak, mulai dari OXFAM dari Inggris, JICA dari Jepang, AUS AID dari Australia, hingga ICITAP dari Amerika Serikat.

“Kerjasama ini tidak hanya akan semakin membuka wawasan kita, namun masih banyak manfaat lain yang bisa kita petik, seperti manfaat paling sederhana yakni kita jadi mulai terbiasa mendengarkan dan menggunakan bahasa inggris,” ujarnya melalui siaran pers yang disampaikan Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima Ihya Ghazali S.Sos.

Saat ini juga berbagai upaya dan langkah strategis telah banyak dilakukan pemerintah guna mengurangi risiko kebencanaan. Disisi internal salah satu langkah strategis Pemerintah Kota Bima juga adalah menyatukan satgas pemadam kebakaran dengan BPBD.

“Di Indonesia, baru sebagian saja pemerintah daerah yang menyatukan Damkar dengan Penanggulangan Bencana,” katanya.

Diakui Farid, langkah ini menjadi langkah ideal yang dilakukan, karena jika ada bencana kebakaran, yang dihubungi adalah BPBD. Jika Damkar berada pada SKPD yang sama, maka dapat segera diambil tindakan.

“Dalam hal penanggulangan bencana, secara kelembagaan, Insyaallah kita sudah bagus dan lengkap, yang perlu kita tingkatkan adalah kualitas sumber daya manusia,” tegas Asisten I.

Pelaksanaan diklat ini menjadi salah satu bagian dari kualitas sumber daya manusia. Ini tentunya menjadi salah satu upaya peningkatan SDM, khususnya pemadam kebakaran dan Tim Reaksi Cepat.

Sementara itu, Ketua Panitia Drs. Hamdan H. Usman dalam laporannya mengatakan, kegiatan diklat diikuti 50 orang peserta diklat yang terdiri dari 30 orang Satgas Pemadam Kebakaran dan 20 orang Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Bima. “Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari,” tambahnya.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *