Walikota Bima Sampaikan LKPJ Tahun 2014

Kota Bima, Kahaba.- DPRD Kota Bima, Senin (9/3) sore mengadakan rapat Paripurna dalam rangka penyampaian pengantar Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kota Bima Tahun Anggaran 2014 oleh WaliKota Bima HM. Qurais H. Abidin.

Walikota Bima HM. Qurais H. Abidin saat menyampaikan LKP TA 2014 pada Rapat paripurna DPRD Kota Bima. Foto: Bin

Walikota Bima HM. Qurais H. Abidin saat menyampaikan LKP TA 2014 pada Rapat paripurna DPRD Kota Bima. Foto: Bin

Beberapa diantara yang disampaikan Qurais di hadapan 25 orang Anggota DPRD Kota Bima dan sejumlah Kepala SKPD yang hadir saat Paripurna seperti peningkatan mutu pelayanan pendidikan, peningkatan cakupan dan mutu pelayanan kesehatan, penanggulangan kemiskinan, penguata pertumbuhan ekonomi lokal, peningkatan produksi dan ketahanan pangan dan percepatan pembangunan infrastruktur.

“Dalam sejumlah agenda priorotas itu diwujudkan dalam pelaksanaan 26 urusan wajib dan delapan urusan pilihan oleh seluruh SKPD, sesuai dengan tupoksi yang didukung realisasi anggaran APBD sebanyak Rp 600 Miliar,” sebutnya.

Kata Walikota Bima, agenda percepatan pembangunan infrastruktur terus dilaksanakan melalui peningkatan sarana perkotaan, pengembangan dan penataan kawasan tepian air, penataan kawasan permukiman baik melalui kegiatan perencanaan maupun kegiatan fisik. “Pembangunan infrastruktur selama Tahun 2014 masih menjadi prioritas,” katanya.

Disampaikannya pula, peningkatan tata kelola birokrasi dan pelayanan publik dilaksanakan dalam rangka mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Disanping itu, upaya peningkatan pengelolalan asset dan keuangan terus ditingkatkan selama tahun 2014 sebagai bagaian dari upaya meningkatkan opini BPK terhadap pengelolaan keuangan daerah.

“Peningkatan opini menjadi wajar tanpa pengecualian kedepannya tetap menjadi tujuan yang ingin diraih dengan dukungan segenap elemen pemerintah, legislative serta seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya.

Kemudian program pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup serta pengurangan resiko bencana, diwujudkan pengaturannya melalui penyusunan dokumen Rencana Detail Tata Ruang Kota (RDTRK) sebagai tindak lanjut Perda nomor 04 tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Bima tahun 2011-2031.

Sambungnya, pada agenda peningkatan mutu pendidikan telah beberapa diperoleh pencapaian yang ditunjukan oleh beberapa indikator, antara lain angka pendidikan yang ditamatkan pada tingkat SD/MI mencapai 99,27 persen, SMP/MTs 99,21 persen, kemudian Angka Partisipasi Kasar (APK) dan Angka Partisipasi Murni (APM) telah mencapai angka lebih dari 100 persen.

Lalu, keberhasilan penangggulangan kemiskinan dapat dilihat dari terus menurunnya angka kemiskinan di Kota Bima. Pada tahun 2014, jumlah penduduk miskin di Kota Bima sebesar 9,91 persen dan angka tersebut merupakan angka kemiskinan terendah di Provinsi NTB.

Pada kesempatan yang sama Qurais juga mengapresiasi lembaga Legislatif yang sudah membantu eksekutif dalam setiap pembangunan. Itu dengan meningkatkan anggaran pembangunan baik disektor fisik dan non fisik.

Rapat yang dipimpin Ketua DPRD Kota Bima Feri Sofiyan SH dan didampingi Wakil Ketua, Syahbudin dan M Safi ST itu diakhiri dengan pembacaan nama Panitia Khusus (Pansus) yang akan membahas LKPJ tersebut.

*Bin

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *