Pemkot Bima Gelar Lomba Jajanan Sehat

Kota Bima, Kahaba.- Pemerintah Kota (Pemkot) Bima, Selasa (24/03) menggelar lomba jajanan Khas Bima Tahun 2015. Acara yang dihelat di halaman Kantor Walikota Bima lama itu dibuka Wakil Walikota Bima H. A. Rahman H. Abidin, SE.

Wakil Walikota Bima saat menghadiri kegiatan lomba jajan sehat. Foto: Hum

Wakil Walikota Bima saat menghadiri kegiatan lomba jajan sehat. Foto: Hum

Kegiatan tersebut diikuti 45 peserta yang terdiri dari 34 peserta dari Kelurahan dan 10 peserta dari Gabungan Organisasi Wanita (GOW). Hadir pula Ketua TP PKK Kota Bima Hj. Yani Marlina M. Qurais, Ketua ISWARA Kota Bima Ny. Jumriah Fery Sofyan, Kepala SKPD lingkup Pemerintah Kota Bima beserta Lurah se-Kota Bima.

Lomba jajanan sehat tersebut digagas TP PKK Kota Bima juga dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT Kota Bima ke-13.

Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima, Ihya Ghazali, S.Sos mengatakan, berdasarkan laporan Ketua Panitia kegiatan Dra. Hj. Sri Ratnawati Ramli Hakim, kegiatan itu bertujuan agar memupuk kecintaan masyarakat terhadap kue-kue dan jajanan tradisional Bima.

Adapun kriteria penilaian meliputi penilaian resep, kreativitas, cita rasa, tampilan dan keamanan. Sedangkan juri terdiri dari unsur PKK yang dipercayakan kepada Hj Badrah Ekawati A. Rahman dan du orang juri dari ahli kuliner yaitu Ny. Hj. Mulyati HR Gumono serta Ny. Hj. Zubaidah H. Agustamin.

Ketua TP PKK Kota Bima Hj Yani Marlina dalam sambutannya menjelaskan bahwa seiring perkembangan jaman yang semakin maju, produksi jajanan khas Bima semakin lama semakin terdesak. Sehingga para pembuat serta penghasil kue-kue khas Bima hanya memproduksi jajanan khas bima pada ada acara-acara tertentu.

“Kondisi ini tentu saja tidak kita inginkan, karena tidak menutup kemungkinan jajanan khas yang kita banggakan ini akan semakin lama semakin punah,” paparnya.

Dijelaskannya kegiatan ini menjadi momentum untuk membangkitkan minat serta masyarakat terutama geneari muda untuk mencintai potensi lokal daerah khususnya kue-kue khas Bima. Tentunya hal ini tidak bisa kita laksanakan sendiri, dukungan dari pemerintah dalam hal ini sangat diperlukan seperti menyediakan jajanan khas Bima pada acara-acara rapat pemerintah dan suguhan bagi tamu-tamu pemerintah.

Dalam arahannya, Wakil Walikota Bima menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada TP. PKK yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Dipujinya pula kegiatan lomba ini menjadi rangkaian dalam memeriahkan HUT Kota Bima ke-13.

“Apresiasi yang luar biasa kepada Tim Penggerak PKK yang tidak pernah henti berpartisipasi dan memberikan yang terbaik pada setiap pembangunan di Kota Bima terlebih lagi di bidang pemberdayaan masyrakat, semoga PKK selalu mempunyai energi positif untuk memberikan yang terbaik untuk Kota Bima,” pujinya.

Ia mengajak pula seluruh kepala SKPD beserta seluruh masyarakat agar mencintai jajanan khas Bima dan menjadikannya penganan kuliner utama disetiap kesempatan event-event yang dilaksanakan.

Ditekankannya pula kepada Dinas Koperindag untuk membuat instruksi kepada pemilik hotel dan restaurant yang ada di Kota Bima untuk menyediakan hidangan jajanan khas Bima serta dianjurkan kepada para pekerjanya untuk menggunakan pakaian tradisional Bima dalam rangka menyambut tamu yang akan datang ke Kota Bima dalam rangka event-event dunia Tambora Menyapa Dunia dan menyambut HUT Kota Bima ke-13.

Setelah dilakukan penjurian dan penilain, didapatkan point tertinggi diraih oleh IWABRI dengan disusul oleh DWP Kota Bima sebagai juara kedua. Adapula juara favorit pilihan yakni dari organisasi ISWARA Kota Bima.

Kelurahan Sarae berhasil mendapatkan posisi ketiga, disusul Kelurahan panggi di posisi keempat, Kelurahan Rabangodu utara di posisi kelima dan Kosgoro diposisi keenam.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *