Kesadaran Warga Urus Administrasi Kependudukan, Meningkat

Kota Bima, Kahaba.- Kesadaran warga Kota Bima mengurus administrasi kependudukan meningkat tajam. Tahun lalu saja, mencapai 126 persen dari jumlah penduduk secara keseluruhan sebanyak 162.000 lebih.

Kabid Pendaftaran Penduduk Dinas Dukcapil Kota Bima, Dra. Hj. Marmah MAP. Foto: Bin

Kabid Pendaftaran Penduduk Dinas Dukcapil Kota Bima, Dra. Hj. Marmah MAP. Foto: Bin

Kabid Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Bima, Dra. Hj. Marmah MAP, menyebutkan data Tahun lalu, yang mengurus Kartu keluarga sebanyak 14.971, KTP manual 7.443, Akte kelahiran hingga tahun 2014 sebanyak 35.202. KTP elektronik sebanyak 84.551. “Angka ini jauh lebih meningkat dari Tahun-Tahun sebelumnya,” ujarnya, Kamis (26/3).

Diakuinya, meningkatnya jumlah warga yang mengurus administrasi kependudukan disebabkan oleh beberapa factor, seperti untuk keperluan BPJS, mendapatkan jatah Beras Miskin (Raskin) dan kebutuhan lain seperti Akte anak saat masuk sekolah.

“Warga sekarang juga sudah mau mengurus akte kematian. Karena bisa ditukar dengan uang sebanyak Rp 1 juta dari Pemerintah Kota,” katanya.

*Bin

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *