Wawali Bima Terima Tim Seleksi Paskibraka NTB

Kota Bima, Kahaba.- Usia apel gabungan dan peringatan Hari Kartini Tingkat Kota Bima, Senin (20/4) Wakil Walikota Bima H. A. Rahman H. Abidin, SE menerima Tim Seleksi Paskibraka Provinsi NTB di Aula Kantor Walikota Bima.

Paskibraka Kota Bima menjalani latihan. Foto: Bin

Paskibraka Kota Bima menjalani latihan. Foto: Bin

Kegiatan yang juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Bima Ir Muhamad Rum, Kabid Kepemudaan dan Olahraga Dinas Pendidikan dan Olahraga (Dikpora) Kota Bima H Muhtar, para Purna Paskibraka Kota Bima dan 30 orang peserta seleksi paskibraka Kota Bima.

Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima, Ihya Ghazali, S. Sos melalui siaran persnya mengatakan, berdasarkan Laporan dari Kabid Kepemudaan dan Olahraga H. Muhtar, seleksi paskibraka Provinsi NTB untuk Kota Bima, pada awalnya telah dilakukan seleksi oleh Dikpora Kota Bima, dengan calon anggota diikuti tidak kurang 230 pelajar SMA Sederajat se-Kota Bima.

“Dari 230 pelajar yang ikut diseleksi dan dikerucutkan menjadi 30 orang. 30 orang itu juga telah dibina selama kurang lebih satu bulan. Dari 30 pelajar tersebut, akan dikirim sebanyak dua orang (pa/pi) untuk mewakili Kota Bima dalam seleksi tingkat Provinsi. Selain itu, 73 pelajar lainnya menjadi Paskibraka tingkat Kota Bima,” jelasnya.

Rekrutmen dan seleksi menjadi Paskibraka dilakukan secara berjenjang dan bertahap. Mulai dari tingkat Kota dan Kabupaten, tingkat Provinsi dan tingkat Nasional. Sementara materi seleksi meliputi, tes tertulis, wawancara, baris berbaris, kesegaran jasmani dan olahraga, kesenian.

“Sejak berdirinya Kota Bima, ini menjadi kali keempat utusan Kota Bima menjadi Paskibraka Nasional. Pertama pada tahun berdirinya 2003, Tahun 2008, 2010 dan Tahun 2014,” sebutnya.

Ketua Purna Paskibraka Provinsi NTB Arif Rahman memuji bahwa Paskibraka Kota Bima memiliki potensi dan sangat produktif menghasilkan kualitas paskibraka yang mumpuni, baik di tingkat Provinsi hingga ditingkat Nasional. Dinilainya, Kota Bima memang memiliki potensi untuk itu.

Ditambahkannya lagi, mengenai kriteria seleksi yaitu siswa harus mencapai minimal tinggi 170 cm. Lalu peserta harus berada di kelas satu SMA atau SMK se derajat. Sementara itu untuk kemampuan, diharapkan mampu Pelatihan Baris Berbaris (PBB) dengan baik dan benar.

“Dalam seleksi ini, para siswa tidak hanya dinilai dari kerapian dalam menerapkan peraturan baris-berbaris (PBB) tetapi juga mereka dituntut memiliki wawasan yang luas di berbagai bidang juga mental/psikologis yang baik,” paparnya.

Dalam sambutannya, Wakil Walikota Bima menyambut hangat kedatangan para tim seleksi paskibraka Provinsi NTB untuk Kota Bima.

“Semoga Kita akan ambil hasil positif dari seleksi yang betul-betul berdasarkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan para siswa. Selain itu, kami pun menghimbau tim seleksi agar bisa menilai dan membina dengan maksimal,” pintanya.

Ia berharap, untuk seleksi paskibraka agar seluruh peserta menampilkan kemampuan dan disiplin yang baik. Semoga Kota Bima lebih banyak lagi berperan di tingkat Nasional di bidang Paskibraka ini.

“Kalau tahun kemarin satu orang siswi mewakili Kota Bima di tingkat nasional. Kita berharap tahun ini kita bisa mengirim lebih dari tahun sebelumnya.*

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *