Qurais: Kartini Teladan Bagi Generasi

Kota Bima, Kahaba.- 21 April menjadi catatan sejarah peringatan Hari Kartini di Indonesia. Raden Adjeng Kartini atau lebih tepatnya Raden Ayu Kartini adalah nama lengkapnya. Beliau lahir di Jepara pada tanggal 21 April 1879. Wanita pribumi yang dinobatkan menjadi pejuang perempuan di Indonesia, salah satu wanita cerdas dan kritis yang pernah dimiliki oleh bangsa ini.

Walikota Bima HM. Qurais H. Abidin memimpin apel ekspedisi NKRI Koridor Nusa Tenggara di Lapangan Serasuba. Foto: Hum

Walikota Bima HM. Qurais H. Abidin. Foto: Hum

Hal itu disampaikan Walikota Bima HM Qurais H Abidin saat memimpin apel gabungan sekaligus memperingati Hari Kartini di halaman Kantor Walikota Bima, Senin (20/4). Kegiatan upacara berlangsung dengan khidmat. Seluruh pelaksana acara didominasi perempuan, komandan upacara, pembawa acara, termasuk pemimpin upacara. Untuk peserta upacara dibarisan terdepan juga didominasi perempuan, Peserta upacara perempuan pun mengenakan kebaya.

Walikota Bima HM. Qurais H. Abidin mengatakan perempuan adalah tokoh sentral untuk membentuk generasi penerus. Ia menjadi salah satu pondasi yang kuat terutama dalam sebuah keluarga.

Ia juga mengatakan, Kartini adalah sosok perempuan yang berkomitmen kuat untuk meningkatkan derajat perempuan. Dengan mendirikan berbagai macam sekolah untuk perempuan, sehingga bisa belajar, tanpa memandang status sosial.

Karenanya tantangan bagi wanita masa kini semakin berat, tidak hanya untuk menjadi istri dan seorang ibu, tetapi juga harus mampu mengaktualisasikan dirinya. “Sasaran inilah pentingnya perempuan. Ia menjadi tokoh sentral dalam membentuk generasi penerus,” ucap melalui siaran pers yang disampaikan Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima Ihya Ghazali S.Sos.

Ia berharap, cita-cita Kartini untuk memajukan perempuan Indonesia terus digalakkan. Perempuan harus bisa berkarya dan bukan hanya terampil di dapur saja, melainkan juga ruang publik. Saat ini diperlukan kartini-kartini lainnya yang diharapkan memberikan sumbangsih pada negeri dan menjadi teladan generasi selanjutnya.

Peringatan Hari Kartini tingkat Kota Bima dihadiri pula oleh Ketua TP PKK Kota Bima Hj Yani Marlina M Qurais, Ketua DWP Kota Bima Ir. Hj Baji Makarumpa M Rum, segenap anggota TP PKK Kota Bima, Anggota DWP Kota Bima, Kepala SKPD dan seluruh PNS lingkup Pemerintah Kota Bima.

Usai apel gabungan dilanjutkan dengan pemberian bingkisan kepada para istri kepala Dinas yang telah berpartisipasi pada parade peragaan busana pada Acara Lomba Rancang Busana Tenun Bima pada Sabtu Malam kemarin.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *