Kabupaten Bima Akan Gelar Pilkades Serentak di 57 Desa

Kabupaten Bima, Kahaba.- Pemerintah Kabupaten Bima berencana pada bulan Agustus 2015 mendatang akan digelar pemilihan serentak 57 Kepala Desa se-Kabupaten Bima. Rencana itu, dibahas pada Rapat Persiapan Pemilihan Kepala Desa Secara Serentak, Sabtu (18/4) di aula Kantor Bupati Bima.

Rapat Persiapan Pemilihan Kepala Desa Secara Serentak. Foto: Hum

Rapat Persiapan Pemilihan Kepala Desa Secara Serentak. Foto: Hum

Rapat tersebut dihadiri para Camat, 57 orang penjabat Kades dan 57 Ketua BPD pada Desa-Desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak.

Kabid Pemerintahan Desa BPMDES Kabupaten Bima Dra. Mardiana Mardiana menguraikan, rapat itu sangat penting bagi para Camat dan Kepala Desa, untuk mengetahui secara menyeluruh persyaratan dan tata cara yang perlu dipersiapkan dalam menghadapi pesta demokrasi tingkat Desa.

“Beberapa persyaratan yang perlu digarisbawahi para Camat dalam melakukan sosialisasi di masing-masing wilayah, seorang calon Kepala Desa harus berdomisili di wilayah pemilihan Kepala Desa, berusia minimal 25 Tahun serta pendidikan minimal Sekolah Menengah Pertama,” sebutnya melalui siaran pers yang disampaikan Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima M. Chandra Kusuma, AP.

Selain itu, sambungnya, pada Pilkades mendatang, calon Kepala Desa sebanyak lima orang atau lebih. Mereka nanti yang akan berjuang mengumpulkan suara pemilih yang diawali melalui kampanye. Karena para calon nanti diharapkan bisa melaksanakan kegiatan kampanye dengan baik, menjaga keamanan dan ketertiban.

“Dalam prosesnya nanti, calon Kepala Desa yang telah ditetapkan sebagai kandidat yang akan bertarung tidak boleh mengundurkan diri. Jika mengundurkan diri, yang bersangkutan akan diberikan sanksi,” tegasnya.

Kepada para Camat, Kades dan Ketua BPD yang hadir para rapat persiapan, ia berharap agar hasil rapat dapat disosialisasikan secara optimal dimasing-masing wilayah.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *