Dewan Usulkan Pra Banggar Dibuatkan Keputusan Lembaga

Kota Bima, Kahaba.- Untuk memaksimalkan realisasi program yang dibutuhkan masyarakat, sejumlah Wakil Rakyat mengusulkan kepada Pimpinan DPRD Kota Bima agar Pembahasan klinis Komisi atau pra Badan Anggaran (Banggar) dibuatkan dalam keputusan lembaga.

Anggota DPRD Kota Bima Nazamudin dan Dedy Mawardi. Foto: Bin

Anggota DPRD Kota Bima Nazamudin dan Dedy Mawardi. Foto: Bin

Keinginan itu bukan tanpa sebab, karena pra Banggar yang berfungsi mengidentifikasi program usulan masyarakat, selama ini tidak bisa berjalan maksimal, karena disebabkan pembahasan ditingkat Banggar tidak memiliki cukup banyak waktu.

“Pembahasan pra banggar atau klinis Komisi ini sangat perlu, agar kita bisa membedah program per item. Sehingga nanti tugas Banggar tidak terlalu berat karena hanya menindaklanjuti hasil pembahasan yang sudah ada,” kata Anggota Komisi II, Nazamudin, Selasa (28/4).

Ditemui di Kantor DPRD Kota Bima, ia mengaku, usulan tersebut cukup beralasan. Mengingat dinamika pembahasan APBD akhir tahun selalu terkesan dikejar waktu. Sehingga Tim Banggar harus bekerja cepat untuk menuntaskan pembahasan item program yang cukup banyak.

“Tim Banggar itu tidak mewakili 25 Anggota DPRD Kota Bima, sehingga klinis komisi sangat diperlukan karena melibatkan semua Anggota Dewan,” katanya.

Kendati sebelumnya sudah ada klinis Komisi, sambungnya, namun hasil pembahasan tersebut tidak dibuatkan dalam keputusan lembaga. Sehingga tidak ada keharusan secara aturan bagi Banggar untuk menindaklanjutinya.

“Ini yang ingin kita dorong, agar pra Banggar nanti menghasilkan keputusan dan rekomendasi lembaga. Setelah pembahasan langsung dilanjutkan paripurna. Dengan begitu, baru ada penguatan program eksekutif,” tambahnya.

Demikian pula disampaikan Anggota DPRD lainnya, Dedy Mawardi. Duta Partai Hanura ini mengaku sangat mendukung adanya klinis komisi. Karena sangat bermanfaat, dan setiap item program yang diusulkan eksekutif bisa dibahas. Setiap komisi nanti, tinggal memanggil SKPD sesuai bidang masing-masing. Dengan begitu, tugas komisi akan lebih maksimal lagi.

“Saya sendiri sudah menyampaikan rencana ini kepada Ketua Dewan. Beliau menanggapi positif dan mengapresiasinya. Tinggal nanti ada pembahasan lebih lanjut,” tandasnya.

*Bin/Erde

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *