Desa Kananga Unggulkan Kelengkapan Data dan Fisik

Kabupaten Bima, Kahaba.- Selasa siang (5/5) Tim juri lomba desa tingkat Kabupaten Bima melakukan penilaian di Desa Kananga Kecamatan Bolo. Pada acara penyambutan di halaman kantor desa Kananga, Camat Bolo Muslimin, S.Sos mengatakan mudah-mudahan kehadiran Ketua dan tim juri lomba Desa membawa rahmat dan magfirah bagi warga Kananga terutama pencerahan di bidang pemerintah Desa dan penataan lingkungan yang baik dan benar.

Acara penyambutan Lomba Desa di Kabupaten Bima. Foto: Hum

Acara penyambutan Lomba Desa di Kabupaten Bima. Foto: Hum

Selanjutnya, Muslimin menjelaskan apa yang nampak di hadapan tim juri pada hari ini adalah merupakan wujud keseharian warga Kananga dan apa yang dijumpai pada data administrasi di kantor desa Kananga adalah wujud kegiatan aparat desa selama ini.

“Secara keseluruhan apa yang nampak tidak direkayasa, ini adalah kenyataan yang ada di desa kami kecuali pagar yang dicat baru seperti yang dilakukan 18 desa lainnya,” ungkapnya melalui siaran persn yang disampaikan Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima M. Chandra Kusuma AP.

Dengan bermodal kelebihan tersebut, mewakili warga Kananga Muslimin mengharapkan agar lomba Desa tingkat Provinsi mempercayakan Desa Kananga sebagai duta Kabupate Bima. Harapan ini didukung pula dengan kelebihan-kelebihan lainnya diantaranya, Desa Kananga memiliki tiga orang anggota DPRD Kabupaten Bima dan yang tidak dimiliki oleh Desa lainnya ialah Bupatinya adalah orang Kananga.

Mendukung permintaan juara dari Camat Bolo, Kepala Desa Kananga Muhammad Nur, SH mengatakan terlihat senyum kegembiraan dari warga yang menandakan bahwa Desa Kananga mampu melanjutkan juara lomba Desa sampai ke tingkat Provinsi bahkan sampai tingkat Nasional.

Oleh sebab itu, Muhammad Nur meyakinkan tim juri untuk memberikan kesempatan juara kepada Desa Kananga. “Jika terpilih nantinya, segala kekurangan yang ada kami akan membenahinya untuk itu berikan kami kesempatan yang berharga ini,” harapnya.

Menanggapi permintaan juara, Ketua Tim Penilai Abdul Wahab, SH M.Si menjelaskan lomba Desa tidak semata  memperebutkan juara. Namun yang dilihat adalah bagaimana pemberdayaan dan pembangunan Desa, bagaimana Kepala Desa dan aparat Desa lainnya membangun kebersamaan dalam membangun Desa.

“Karena tujuan lomba Desa yang sebenarnya adalah mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan serta untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembangunan Desa,” tambahnya.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *