Wawali Bima Buka Kejurcab Pencak Silat Tingkat Pelajar

Kota Bima, Kahaba.- Wakil Walikota (Wawali) Bima H. A. Rahman H. Abidin secara resmi membuka Kejurcab pencak silat antar perguruan silat tingkat pelajar se-Kota Bima Tahun 2015 di Gedung KONI Manggemaci Kota Bima, Kamis (7/5).

Wakil Walikota Bima H. A. Rahman H. Abidin, SE

Wakil Walikota Bima H. A. Rahman H. Abidin, SE

Acara yang digagas IPSI Kota Bima itu berlangsung selama enam hari sejak tanggal 7 Mei – 12 Mei 2015. Pembukaan acara ini dihadiri pula oleh Inspektur Kota Bima, Dinas Dikpora Kota Bima, Kepala BLH, dan beberapa kepala SKPD lingkup Pemerintah Kota Bima.

Peserta dalam kejuaraan tersebut yakni peserta didik Usia Dini (SD/MI). Pra remaja (SMP/MTs) dan Remaja (SMA/SMK/MA) Negeri/Swasta sederajat se-Kota Bima, yang merupakan didikan dan binaan dari perguruaan pencak silat yang tergabung dalam IPSI. Sebanyak 12 perguruan silat turut berpartisipasi.

Pembukaan acara ditandai dengan pemukulan Gong Oleh Wawali. Setelahnya dilaksanakan penyerahan Golok oleh Ketua IPSI Kota Bima H. Jubair SKM, M.Kes kepada Wawali Bima yang kemudian diserahkan kepada Ketua Pertandingan.

Ketua Panitia Pelaksana Muslimin S.Pt, M.Si dalam laporannya mengatakan, penyelenggaraan kegiatan merupakan bagian dari memeriahkan Hari Ulang Tahun Kota Bima ke-13 tahun 2015 dan memperingati Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2015.

Kegiatan itu juga dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas atlet pencak silat dari usia dini hingga remaja. Esensi penting lainnya adalah mengajarkan kepada generasi muda tentang kepedulian terhadap budaya bangsa.

Ketua IPSI Kota Bima H. Jubair, SKM, M.Kes dalam sambutannya juga menyampaikan pencak silat selain olah raga seni beladiri, pencak silat merupakan salah satu warisan budaya yang perlu kita lestarikan bersama. Pencak silat juga merupakan bagian yang penting dalam pembangunan watak bangsa Indonesia yang kuat dan mampu bersaing dengan negara lain. Karena dari olah raga ini banyak prestasi yang telah terukir hingga kancah internasional.

“Semangat berolahraga dan pelestarian budaya bangsa serta pembentukan softskill berupa pembangunan karakter dan watak diri yang kuat merupakan hal terpenting diselenggarakannya kegiatan pada pagi hari ini,” jelas Jubair.

Senada yang disampaikan Ketua IPSI, Wawali Bima H. A. Rahman H. Abidin, SE menjelaskan begitu banyak nilai positif yang diperoleh dari silat, pencak diantaranya membentuk pribadi manusia yang berbudi luhur, tahu benar dan salah. Dengan demikian para pesilat akan tumbuh dan berkembang menjadi sosok pribadi yang tangguh, tanggap, serta berakhlaq mulia.

“Saya gembira bahwa kejuaraan pencak silat terus berlanjut dari tahun ke tahun. ini menunjukkan tingkat pembinaan pencak silat sangat luar biasa,” pujinya.

Ia berharap, kegiatan itu didukung pula dengan pembinaan yang optimal sehingga mampu melahirkan pesilat-pesilat handal  yang sanggup bersaing dan berprestasi baik di skala regional, nasional bahkan internasional.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *