Pengarahan Penyuluh SKPD Rumpun Hijau, Bupati Serahkan Bantuan

Kabupaten Bima, Kahaba.- Pertemuan pada Kunjungan kerja dan silaturahmi Bupati Bima Drs. H. Syafrudin HM Nur M.Pd, M.M dengan Camat Sape Muhaymin, S.Adm, kepala UPTD Pertanian, para penyuluh dan ketua kelompok tani se – kecamatan  Se-Kecamatan Sape Rabu (6/5) bertempat di saung Desa Naru kecamatan Sape.

Bupati Bima saat membeerikan pengarahan. Foto: Hum

Bupati Bima saat membeerikan pengarahan. Foto: Hum

Bupati yang hadir dengan ketua TP. PKK kabupaten Bima Hj. Rustinah H. Syafrudin, Asisten, para kepala SKPD rumpun hijau dan kepala pelaksana BPBD Kabupaten Bima dalam arahannya menyampaikan, sektor pertanian perlu diberikan dukungan yang lebih besar, karena merupakan unggulan kesejahteraan masyarakat. Pada saat yang sama mendukung sektor – sektor unggulan lainnya.

Dukungan yang diberikan di bidang pertanian ditujukan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat tani, baik untuk komoditi padi, jagung dan kedelai. Hal ini sejalan dengan sesuai dengan program yang dicanangkan Presiden RI yang menekankan sektor pertanian sebagai andalan  di tingkat pusat, Provinsi, maupun daerah.

“Untuk mendukung sektor  pertanian, pemerintah  telah mengucurkan  dana sebesar Rp 6 Miliar, yang diperuntukan bagi pengembangan komoditas tanaman padi,  jagung juga  bawang,” ujarnya.

Pada tahun 2015, dana yang dialokasikan untuk pertanian bawang merah sebesar Rp 10 Miliar bagi luas lahan 1.000 Ha. Sedangkan untuk kedelai, juga  dialokasikan dana sebesar Rp 9 Miliar untuk luas lahan 5.000 Ha dan komoditas jagung dialokasikan dana sebesar Rp 7 Miliar untuk luas lahan 500 Ha.

Itulah sebabnya, lanjut Bupati,  silaturahmi penting kepala daerah dan masyarakat tani, para penyuluh, para ketua kelompok tani khususnya yang berdomisili di Kecamatan Sape, agar memiliki pemahaman yang sama dan tetap bersatu padu dalam mendukung program pemerintah  di sektor pertanian.

Pada kesempatan tersebut, Kepala BP4K Kabupaten Bima Ir. Abdollah dalam laporannya mengatakan,  acara silaturahmi dan pengarahan jajaran SKPD rumpun hijau ini diikut 422 orang, 377 orang diantaranya merupakan perwakilan  pelaku usaha pertanian dari kelompok tani se – Kecamatan Sape, 168 Kelompok Tani,  17  Kepala Desa Se Kecamatan Sape, enam kepala UPTD lingkup pertanian dan 22  penyuluh pertanian, perikanan dan Kehutanan.

Pada kunjungan kerja di Kecamatan Sape ini, Bupati Bima menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Israfil, Ketua Kelompok So Peke Desa Kowo dana bantuan program optimalisasi lahan sebesar Rp 72 juta kepada tiga kelompok tani  di Desa Kowo, Desa Naru dan Desa Naru Barat.

Bantuan lainnya yang diserahkan kepada 43 kelompok tani Benih Kedelai program GP – PTT Kedelai Non Kawasan dan Program PIP Kedelai sebanyak 40.000 Kg / 40 ton secara simbolis diterima oleh ketua kelompok tani Promo yang beralamat di Desa Naru, Ketua kelompok Doro Toi desa NaE dengan jumlah dana Rp 1, 47 Miliar.

Untuk mendukung perbakan infrastruktur sektor pertanian, dilakukan penyerahan  bantuan perbaikan jaringan Irigasi (PJI) sebesar Rp 1,1 Miliar kepada 20 kelompok tani yang ada  di 11 Desa.

Kemudian penyerahan bantuan tarpal kepada empat kelompok tani yaitu kelompok tani Karamboko Desa Naru Barat, kelompok tani Dadi Bajo Desa Rasabou, kelompok tani Wadu Naga Desa Sari serta kelompok tani sambolo Desa Sangia. Sementara itu penyerahan bantuan benih tembakau diberikan kepada poktan So Samba Desa Kowo,

Pada sektor kelautan dan perikanan, Bupati menyerahkan bantuan pembangunan satu unit pabrik es berkapasitas 15 ton/hari senilai Rp 2,4 Miliar yang berlokasi di Desa Bugis satu unit, bantuan empat unit cool box  senilai Rp 20 juta,  satu paket jaring Rp 30 juta untuk lima kelompok, bantuan dua unit Sampan Fiberglass senilai Rp 50 juta untuk dua kelompok, bantuan satu paket rumponisasi Rp 40 juta untuk tiga kelompok, bantuan  waring untuk lima kelompok senilai Rp 15 juta. Sehingga jumlah total bantuan sebesar Rp 2,56 Miliar.

Bupati juga menyerahkan bantuan  program DBH – CHT  bagi kelompok tani So Mamba Desa Kowo berupa Benih Tembakau 120 gram, pupuk NPK 400 Kg, pupuk cair 100 liter, insektisida 100 liter, 4 unit pompa air 5,5 PK, 20 pipa PVC, sehingga  total anggaran Rp. 250 juta.

Pada sektor peternakan, diserahkan bantuan Rp 200 juta  untuk peralatan Rumah Potong hewan Kecamatan Sape, bantuan 30 ekor ternak sapi senilai Rp 200 juta, serta bantuan ternak kambing sebanyak 150 ekor senilai Rp 150 juta.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *