Kemenag Gelar Pembinaan Lembaga Zakat

Kota Bima, Kahaba.- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bima melalui Seksi Bimbingan Islam (Binmas), Kamis (7/5) mengadakan kegiatan pembinaan Lembaga Pengelola Zakat se-Kota Bima. Kegiatan ini dipusatkan di Aula Kantor FKUB Kota Bima dan melibatkan sebanyak 40 peserta dari berbagai lembaga pengelola zakat di Kota Bima.

Pembinaan Lembaga Zakat yang digelar Kemenag Kota Bima. Foto: Erde

Pembinaan Lembaga Zakat yang digelar Kemenag Kota Bima. Foto: Erde

Kasi Binmas Islam Kemenag Kota Bima, Eka Iskandar Z, SAg, Msi menjelaskan, kegiatan itu dimaksudkan untuk memberi pemahaman kepada para pengurus Badan Amil Zakat (BAZ) Kota Bima dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) Muhammadiyah Kota Bima, tentang tata cara melaksanakan tugas pokok dan fungsi (TUSI) sebagai lembaga yang dipercayakan oleh Pemerintah untuk melakukan pengelolaan, pengumpulan, pendistribusian dan pelaporan dana zakat pada tahun anggaran berjalan.

Selain itu, melaporkan setiap kegiatan sistem manajerial pengelolaan lembaga zakat kepada kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bima sebagaimana amanah dari UU Nomor 23 Tahun 2011. Tujuannya lanjut Eka, ingin mengetahui konsep dan cara Lembaga Pengelola Zakat tentang pola sosialisasi zakat kepada jamaah dan masyarakat Islam Tahun 2015, mengetahui berapa anggaran penerimaan atau yang terkumpul dari dana zakat yang dihimpun pada Tahun 2015 dan melaporkannya kepada Kantor Kemenag Kota Bima

“Kami juga ingin mengetahui pelaksanaan pendistribusian dana zakat berlaku secara komprehensif kepada masing-masing asnaf yang menerima dana zakat,” kata Eka yang juga Ketua FKUB Kota Bima ini.

Materi dalam pembinaan itu disampaikan oleh tiga narasumber yakni Drs. H. Syahrir, M.Si selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bima, H. Anwar Effendi, SH selaku pemerhati dan pakar zakat Kota Bima dan dirinya sendiri selaku Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kota Bima.

“Tema yang kami angkat dalam kegiatan pembinaan ini adalah terbinanya Lembaga Pengelolaan Zakat yang profesial dan tersedianya data yang akurat untuk akuntabitas kerja,” paparnya.

Sesuai dengan tema tersebut lanjutnya, pelaksanaan pembinaan diharapkan terbentuknya Lembaga Pengelola Zakat yang mampu mengurus dana zakat dan melaporkannya secara berkala dan komprehensif, mendistribusikannya sesuai yang diperuntukkan dan diharapkan tepat guna dan tepat sasaran bagi masyarakat penerima bantuan dana zakat se-Kota Bima.

Selain itu tambahnya, diharapkan agar terjadi pengamanan dana zakat, prosedur pengumpulan dana zakat harus sesuai aturan dan syariat islam, metode pendistribusian dana zakat dari hasil kumpulan para Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) pada masing-masing Masjid dan Dinas, Instansi, Jawatan dan seluruh SKPD yang ada di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bima.

*Erde

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *