90 PPK dan 573 PPS Dilantik

Kabupaten Bima, Kahaba.- 90 orang tenaga Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan 573 Panitia Pemungutan Suara (PPS) dilantik secara serentak oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima, Senin (18/5). Pelantikan digelar setelah melalui proses dan tahapan seleksi.

Ilustrasi

Ilustrasi

Menurut Ketua KPU Kabupaten Bima, Siti Nursusila, SIP, M.MIP, pasca dilantik mereka akan mulai bertugas membantu tugas KPU untuk mendukung pelaksanaan Pemilukada Kabupaten Bima, yang akan digelar pada 9 Desember 2015 mendatang.

“Ada sebanyak 663 tenaga PPK dan PPS kita lantik hari ini. 90 orang untuk PPK diambil masing-masing lima orang perkecamatan dan 573 tenaga PPS diambil masing-masing tiga orang dari 191 Desa di Kabupaten Bima,” jelasnya.

Dia mengaku, semua tenaga PPK dan PPS yang dilantik tersebut telah melalui semua tahapan seleksi dan dinyatakan lolos. Mulai dari tahapan seleksi administrasi dengan pendaftar sebanyak 254 orang untuk PPK. Setelah disaring, hanya 233 orang yang memenuhi syarat. Kemudian dilanjutkan tes tertulis diambil 10 orang perkecamatan.

“Tahapan seleksi terakhir adalah wawancara dan hanya menyisakan 5 orang perkecamatan. Mereka itulah yang diplenokan oleh KPU dan dilantik hari ini. Sementara tahapan seleksi PPS juga melibatkan panitia di pemerintah desa,” terangnya didampingi komisioner lainnya.

Namun saat tahapan seleksi PPK lanjutnya, tidak semua pendaftar di kecamatan memenuhi 10 orang. Seperti di Kecamatan Tambora, Sanggar dan Sape, penfaftarnya sangat kurang sehingga yang tersisa itu langsung ditetapkan oleh KPU.

“Kami menjamin, proses seleksi sudah dilaksanakan dengan baik sesuai ketentuan. Mereka yang lolos ini benar-benar karena kemampuan mereka tanpa ada intervensi siapapun,” tegasnya.

*Erde

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *