Kabar Bima

Penipu Para Lansia Diringkus Polisi

284
×

Penipu Para Lansia Diringkus Polisi

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Penipuan modus menjanjikan bantuan dari Dinas Sosial untuk warga Lanjut Usia (Lansia), akhirnya berakhir. Haruman (32) warga Desa Kole Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima, akhirnya diringkus Polisi Polsek Rasanae Barat.

Penipu para Lansia saat digelandang ke kantor Polsek Rasanae Barat. Foto: Teta
Penipu para Lansia saat digelandang ke kantor Polsek Rasanae Barat. Foto: Teta

Kapolsek Rasanae Barat, Kompol. H. Nurdin, SH mengaku, pihaknya membekuk tersangka setelah beberapa hari melakukan pengintaian dan pengejaran. Pelaku dalam menjalankan aksinya, menipu Lansia dengan modus perantara untuk meminta bantuan hibah di pemerintahan.

Penipu Para Lansia Diringkus Polisi - Kabar Harian Bima

“Aksi penipuan yang sudah setahun ini sudah lama kami telusuri, tapi baru sekarang ditangkap pelakunya,” ujar Nurdin, Selasa (19/5).

Kata dia, pelaku dalam aksinya menggunakan mobil Rentcar, bahkan setiap hari Mobil selalu diganti. Jika korban sudah didapat, pelaku menyuruh korban mengambil uang dan semua barang berharga, seperti perhiasan yang dipakai. Setelah itu, pelaku menurunkan korban ditengah jalan dan kabur.

“Saat ini, kami masih dalami kasus ini dan mencaritahu adanya keterlibatan pihak lain. Sebab, pelaku dicurigai tidak melakukan sendiri, tapi berkelompok,” katanya.

Sementara itu, anak korban, Amrin mengatakan, ibunya Mba Ema, warga kelurahan Manggemaci Kecamatan Rasanae Barat usianya sudah tua. Awalnya, Mbak Ema diajak pelaku untuk ikut di mobil dengan alasan pergi ke kantor Dinas Sosial dan menerima bantuan khusus Lansia.

“Karena tidak kenal, orang tua saya tidak mau naik di mobil pelaku. Karena saya menduga ini aksi penipuan, saat itu juga lapor ke Polsek Rasanae Barat,” tuturnya.

*Teta