Tiga Kelurahan Coffee Morning dengan Wawali Bima

Kota Bima, Kahaba.- Wakil Walikota (Wawali) Bima, H. A. Rahman H. Abidin, SE tatap muka dengan tiga Kelurahan, masing-masing Kelurahan Santi, Matakando, Rite pada acara Coffe Morning di kediaman orang nomor dua di Kota Bima itu, Minggu (24/5).

Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima, Ihya Ghazali, S. Sos. Foto: Bin

Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima, Ihya Ghazali, S. Sos. Foto: Bin

Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima, Ihya Ghazali, Sos melalui Rilisny mengatakan, dalam sambutannya Wawali yang didampingi Ketua DPRD Kota Bima, Feri Sofian, SH, anggota DPRD, serta sejumlah Kepala SKPD, mengawali dengan memperkenalkan seluruh aparat pemerintah yang bertugas di setiap Satker.

Kata dia, forum silaturahim coffee morning menjadi media komunikasi dalam rangka menyampaikan apa saja keluhan dan masukan serta aspirasi pembangunan di wilayah masing-masing. Semua aspirasi yang disampaikan masyarakat, akan dicatat untuk ditindaklanjuti. Pada moment itu pula, Wakil Wali Kota menjelaskan beberapa program kerja yang sudah dan akan dilakukan oleh Pemerintah.

Tak luput pula dari penjelasannya mengenai manajemen pengelolaan keuangan Pemerintah Kota Bima yang dalam perkembangannya semakin tertata dengan baik dan rapi. Akuntabilitas dan keterbukaan manajemen menjadi atensi dan program yang selalu dilakukan.

Untuk bantuan kemasyarakatan, jelasnya, sebagian besar harus di program dan diusulkan setahun sebelumnya baru akan dicairkan. Hanya dan beberapa bantuan yang bisa langsung dicairkan. Misalnya, bantuan santunan kematian, bantuan bencana, bantuan stimulant. Khusus bantuan stimulant dimaksudkan merangsang rasa kegotongroyongan masyarakat.

Beberapa program yang telah dilakukan diantaranya, pasar Amahami, Pasar Penaraga. Kemudian yang tengah dilakukan, persiapan Rumah Sakit rintisan tipe D (PKM Asakota), perancangan Kota Bima menjadi Water Front City atau Kota Tepian Air yang berlokasi di perbatasan Kota Bima, Ni’u, Ama Hami hingga Kolo. Tahun ini rencananya 15 persen program tersebut mulai dikerjakan.

Sementara aspirasi disampaikan diantaranya aspirasi masyarakat di Kelurahan Rite mengenai pembangunan jalan lintas Rite-Ndano Na’e, kemudian pembangunan kantor Kelurahan.

Aspirasi tersebut secara langsung ditanggapi oleh Wawali, bahwa program yang diinginkan warga Kelurahan Rite tersebut telah terprogram dan tertuang pada APBD Kota Bima tahun 2015, dan Tahun 2016 mendatang akan dimasukkan APBD.

Sementara wakil dari masyarakat kelurahan Matakando, berharap percepatan pembangunan di wilayah setempat, terutama di bidang infrastruktur jalan, jembatan dan kebutuhan pemanfaatan lahan tadah hujan di wilayah pegunungan setempat.

Warga Matakando juga begitu mengpresiasi kemajuan pembangunan Kota Bima dibawah kepemimpinan Qurais dan A. Rahman. Bahkan diakui wakil warga Matakando, sanjungan itu bukan tanpa bukti. Semua masyakarat katanya, bisa melihat langsung.

Disamping sejumlah aspirasi dalam bentuk usulan pembangunan, pelayanan pemerintah dibidang administrasi semisal pengurusan kependudukan, juga menjadi atensi dari aspirasi masyarakat. Semua dijawab dan dijelaskan secara rinci penuh kekeluargaan dari pemerintah Kota Bima, baik oleh Wakil Wali Kota pun dari setiap Kepala SKPD yang menjadi ranah pertanyaan masyarakat.

Hal yang sama juga disampaikan masyarakat di Kelurahan Santi. Ada aspirasi dan usulan percepatan infrastruktur pun ada dalam bentuk pelayanan secara administrasi.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *