Balai POM Amankan Pangan dan Kosmetik Mengandung Zat Kimia

Kota Bima, Kahaba.- Razia gabungan yang digelar Balai POM Mataram bersama Dikes, Koperindag dan Sat Pol PP Kota Bima, Rabu (27/5) pagi berhasil mengamankan pangan dan kosmetik yang mengandung zat kimia berbahaya. (Baca. Tiga Penjual Bakso di Kota Bima Positif Pakai Formalin)

Pol PP menunjukan pangan dan kosmetik yang diamankan. Foto: Bin

Pol PP menunjukan pangan dan kosmetik yang diamankan. Foto: Bin

Pangan yang diamankan tersebut seperti, kerupuk, mie basah, ikan yang dijual pedagang di Pasar Raya Kota Bima. Demikian pula dengan kosmetik yang mengandung zat kimia, ditemukan pada sejumlah pedagang.

“Kami banyak temukan pangan yang mengandung formalin dan boraks. Pun dengan kosmetik banyak mengandung Mercury, Hidrokinon dan zat berbahaya,” sebut Kasi Pemeriksaan Balai POM Mataram, Yosep Dwi Irwan PS.

Pangan dan kosmetik tersebut pun akhirnya diamankan di Dinas Kesehatan Kota Bima, untuk kemudian dimusnahkan. “Kami masih melakukan razia beberapa hari kedepan. Jumat pekan ini baru dimusnahkan,” katanya.

Menurut Yosep, yang menjadi titik fokus razia pada hari pertama yakni pasar tradisional. Kemudian berlanjut ke pertokoan lain yang beredar di Kota Bima.

Ditanya produksi kosmetik, ia menjawab, produksinya di Jawa, namun tidak ada alamat jelas dalam bungkusan produk. Namun ia menduga, ada sindikat ditingkat lokal, yang memudahkan beredarnya kosmetik berbaya tersebut.

“Ini yang akan terus kami telusuri, agar memutus rantai peredaran,” tambahnya.

*Bin

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *