Kelurahan Rabadompu Barat dinilai Tim Lomba PHBS Tingkat Nasional

Kota Bima, Kahaba.-  Kelurahan Rabadompu Barat Kecamatan Raba, menjadi salah satu nominasi pemenang lomba Perilaku Hidup Bersih dan sehat (PHBS) Tingkat Nasional, dari Enam kota lainnya yang dinilai. Hari Kamis (28/5) di Kantor Kelurahan Rabadompu Barat, seluruh jajaran Pemerintah dan masyarakat Rabadompu Barat menyambut kedatangan tim penilai lomba PHBS tingkat Nasional.

Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima Ihya Ghazali. Foto: Bin

Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima Ihya Ghazali. Foto: Bin

Acara disambut Sekretaris Daerah Kota Bima Ir. H. Muhamad Rum dan di hadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bima Hj. Yani Marlina M. Qurais, Sekretaris PKK Provinsi NTB, Kepala Dinas/Badan/Kantor/Bagian Lingkup Pemerintah Kota Bima.

Penilaian dilakukan Tim Penilai PHBS Pusat yang di Ketuai Ibu Endang Haryanto dan tiga anggota lainnya yakni dr. Yunita dai Pusat Promkes Kemenkes RI, Ibu Anjar Kesehatan Lingkungan Kemenkes RI dan Dian Widiyani dari Tim Penggerak PKK Pusat.

Adapun Kota lainnya diantaranya Kota Tangerang Selatan, Samarinda,  dan Sawah Lunto. Enam finalis dari berbagai provinsi itu, menurut Endang Haryanto, nantinya akan memperebutkan Juara I, II, III, Harapan I, II, dan III tingkat nasional.

“Penilaiannya telah kami lakukan berdasarkan data yang telah dikirim, kedatangan kami ini hanya ingin melihat dan mengecek sinkron dan tidaknya data yang telah kami terima dengan keadaan di Lapangan,” papar Endang melalui Rilis yang disampaikan Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima, Ihya Ghazali, S. Sos.

Kata dia, PHBS adalah bentuk perwujudan Paradigma Sehat dalam budaya hidup perorangan, keluarga dan masyarakat yang berorientasi sehat, bertujuan untuk meningkatkan, memelihara dan melindungi kesehatannya baik fisik, mental spiritual maupun sosial.

Sedangkan pengertian dari PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas dasar kesadaran, sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri dalam hal kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat.  Istilah PHBS belum semua bisa memahami dan melaksanakan dalam kesehariannya.

Sementara itu, Sekda Kota Bima Ir. H Muhamad Rum dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada tim penilai lomba PHBS tingkat nasional Tahun 2015. Dituturkannya bahwa Harapan Kota Bima tentunya sama dengan harapan semua tuan rumah lainnya, yaitu semoga diberi kepercayaan untuk menjadi juara.

“Kami menyadari, meskipun kami telah menyiapkan diri semaksimal mungkin, namun kekurangan tentu saja akan selalu ditemui. Untuk itu kami menyampaikan permohonan maaf yang setulus – tulusnya jika ada hal yang kurang berkenan,” katanya.

Ia menjelaskan, bicara masalah hidup bersih dan sehat, Pemerintah Kota Bima senantiasa berupaya untuk menempatkan persoalan kesehatan dan kebersihan sebagai prioritas utama dalam pembangunan. Hal ini didasari pada pemikiran bahwa kesehatan dan kebersihan merupakan aspek terpenting guna mewujudkan masyarakat yang produktif, berkualitas dan sejahtera, baik lahir maupun batin.

Begitupula dengan perhatian Pemerintah Kota Bima terhadap PHBS telah lama disosialisasikan melalui berbagai  kegiatan dan kesempatan, baik itu lewat sekolah – sekolah , melalui jalan sehat, jum’atan keliling, maupun  melalui media.

“Kami menyadari PHBS itu sangat penting, karena menyangkut kesehatan manusia sejak usia janin sampai dengan lansia,” jelasnya penuh keyakinan.

Disampaikannya pula penghargaan yang tinggi atas peran serta tim Penggerak PKK, juga GOW dan DWP, dan dukungan  masyarakat yang dimulai dari kegiatan penyuluhan, pemberian bantuan sampai pembinaan rutin pada tingkat TP. PKK Kecamatan, Kelurahan, RW, RT hingga dasawisma.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *