Bupati Bima Pimpin Upacara Karang Pamitran Pramuka

Kabupaten Bima, Kahaba.- Sebanyak  1.020 pembina Pramuka yang berasal dari 18 Kwartir Ranting (Kwaran) se-Kabupaten Bima, Jumat sore (29/5) mengikuti Upacara Pembukaan Kegiatan Karang Pamitran Kwartir Ranting Bolo Tingkat Kabupaten Bima, di Bumi Perkemahan Desa Lewintana Kecamatan Soromandi.

Bupati Bima saat menghadiri Upacara Karang Pamitran Pramuka. Foto: Hum

Bupati Bima saat menghadiri Upacara Karang Pamitran Pramuka. Foto: Hum

Bupati Bima Drs. H. Syafrudin H. M. Nur, M.Pd, M.M bertindak sebagai Inspektur Upacara pada kegiatan tersebut langsung berada ditengah para peserta Karang Pamitran atau Perkemahan yang diikuti para Pelatih Pramuka yang telah lulus  kursus mahir dasar.

Selain para pembina Pramuka, Karang Pamitran yang berlangsung selama tiga hari turut dihadiri Ketua Kwarcab Pramuka kabupaten Bima Drs. A. Zubair HAR, M.Si, kepala Satuan Kerja Lingkup Pemerintah Kabupaten Bima, Pengurus Mabicab Pramuka, Kepala UPT Dinas Dikpora, Kepala Sekolah dan  Para Pelatih.

Ketua Panitia Muslimin, S.Sos yang juga pembina Kwartir Ranting (Kwaran) Kecamatan Bolo dalam laporannya mengatakan, Perkemahan tersebut merupakan keinginan atau prakarsa Kwartir Ranting Bolo untuk melakukan silaturahmi dengan seluruh Kwaran Se-Kabupaten Bima.

“Perkemahan ini akan berlangsung selama tiga hari, Jumat-Senin (29 Mei sampai dengan 1 Juni 2015). Selama berada di Bumi Perkemahan Desa Lewintana Kecamatan Soromandi, para peserta akan dibekali materi yang mencakup wawasan kebangsaan dan materi lain terkait kehidupan berbangsa dan bernegara, teknik kepramukaan,  narkotika dan Konflik sosial,” ujarnya melalui Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima, M. Chandra Kusuma, AP.

Bupati Bima dalam amanatnya menyampaikan, pembinaan kegiatan kepramukaan secara berjenjang amat diperlukan. Ini berarti para Pembina gugus sebagai ujung tombak gerakan pramuka yang berada di sekolah-sekolah, perlu memahami secara utuh prinsip-prinsip dasar pendidikan kepramukaan, yang pelaksanaannya diselaraskan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa dan masyarakat.

“Sebagai pembina organisasi Pramuka di Kabupaten Bima, saya berharap dukungan penuh jajaran Dinas Dikpora dan pihak sekolah untuk membina peserta didik dengan sebaik-baiknya di tiap-tiap gugus depan Pramuka,” pintanya.

Berkaitan dengan ikhtiar membina anak bangsa yang berkecimpung dalam wadah Pramuka, kegiatan Karang Pamitran sebagai forum para pembina Pramuka kiranya dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mempererat silaturahmi dan meningkatkan pengetahuan, pengalaman dan kepemimpinan. Sehingga mampu meningkatkan mutu pendidikan kepramukaan di gugusdepan dan satuannya dengan pengabdian dan tanggungjawab yang tinggi.

Acara Kemudian dilanjutkan dengan penanaman benda pusaka dan penyematan tanda peserta. Untuk mengetahui kesiapan semua Kwartir Ranting mengikuti kegiatan ini, Bupati Bima selaku Inspektur Upacara melakukan pemeriksaan pasukan.
*Bin

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *