Dikpora Gelar Sosialisasi DAK Bidang Pendidikan

Kabupaten Bima, Kahaba.- Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Bima menggelar Sosialisasi DAK Bidang Pendidikan Tingkat SMP, SMA, SMK Se- Kabupaten Bima di Aula Hotel La Ila Kota Bima, Sabtu (30/5). Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Dikpora Tajudin, SH, M Si.

Ilustrasi

Ilustrasi

Ketua Panitia Amirudin, S.Pd dalam laporannya menjelaskan Sosialisasi yang dilaksanakan selama satu hari, diikuti 86 orang peserta, terdiri dari 53 orang Kepala SMP, 12 orang Kepala SMK dan 21 orang Kepala SMA.

Menurut Amirudin, sosialisasi digelar untuk lebih memahami  petunjuk teknis serta  menyamakan persepsi dalam perencanaan pelaksanaan DAK (Dana Alokasi Khusus) bidang pendidikan Tingkat SMP, SMA, SMK Pemerintah Kabupaten Bima.

“Tujuan diselenggarakannya sosialisasi ini antara lain agar sekolah dapat membuat perencanaan kegiatan secara tertib sesuai aturan dan meminimalisir terjadinya hal-hal yang dapat menimbulkan masalah dikemudian hari,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dikpora Kabupaten Bima Tajudin, SH, M.Si   yang membuka sosialisasi mengharapkan pelaksanaan di masing-masing sekolah penerima DAK, harus lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Oleh karena itu kepada para Kepala Sekolah agar banyak belajar dan berdiskusi kepada Tim Teknis dan Tim Fasilitasi terkait landasan hukum dan petunjuk teknis pelaksanaan DAK.

Tajudin, menekankan agar semua pihak yang terlibat dalam kepanitiaan pelaksanaan DAK, tidak anggap enteng terhadap administrasi, karena sekecil apapun kegiatan tersebut haruslah dapat dipertanggung jawabkan, termasuk bukti dokumentasi sejak awal pekerjaan hingga selesai.

Disamping itu, semua pihak yang terlibat juga harus rapat bersama untuk menganalisa prioritas yang dibutuhkan oleh sekolah, sehingga alokasi DAK terlaksana dengan baik dan tepat sasaran.

“Saya mengharapkan kepada semua pihak panitia agar menjalin komunikasi dan koordinasi yang baik, mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga tahap penyelesaian, termasuk terhadap SKPD terkait sehingga dapat terlaksana dengan baik, tepat waktu dan tepat sasaran,” ujar Tajudin.

Selain itu, mantan Kepala BKD Kabupaten Bima ini  menekankan agar DAK dalam pelaksanaannya dibingkai menjadi satu persepsi, yaitu transparan, sesuai aturan, tidak markup dan bisa dipertanggungjawabkan yang pada akhirnya bermuara pada pelaksanaan pendidikan yang bermutu.

Melalui DAK tahun ini, rehabilitasi gedung / ruang kelas dan peningkatan mutu pendidikan sekolah dasar dapat lebih ditingkatkan. Peningkatan mutu pendidikan sangat berhubungan erat dengan pendayagunaan fasilitas sekolah yang indikatornya terlihat jelas pada pembangunan gedung, pengadaan sarana dan prasarana, serta kualitas pendidiknya.

Tak lupa Tajudin mengingatkan agar para peserta sosialisasi tidak segan bertanya kepada para narasumber agar nantinya tidak ada kendala dan perbedaan persepsi.

“Saya minta panitia untuk bisa menata agar terjadi peningkatan kinerja dan kenyamanan kerja serta prestasi, karena muara dari pelaksanaan forum ini adalah untuk menyatukan persepsi,” tegasnya menutup sambutannya.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *