Dewan Ajukan Dua Perda Inisiatif

Kota Bima, Kahaba.- Tahun ini, Badan Legislasi (Baleg) DPRD Kota Bima bakal mengajukan dua Peraturan Daerah (Perda) inisiatif. Rencananya, dua Perda tersebut revisi Perda Miras dan Perda Zakat.

“Yang kami lihat dua Perda itu yang perlu untuk di ajukan untuk Perda Inisiatif untuk Tahun ini,” ujar Ketua Baleg DPRD Kota Bima, Sudirman DJ, SH.

Sudirman Dj, SH, Anggota DPRD Kota Bima. Foto: BIN

Sudirman Dj, SH, Anggota DPRD Kota Bima. Foto: BIN

Ia menjelaskan, Perda Miras sebelumnya terdapat kontradiksi antara judul dengan isi. Judulnya pengendalian minuman beralkohol, sementara di dalam isinya keberadaannya diharamkan.

“Kita ingin hanya dikendalikan, tidak saja jenis Anggur dan Bir atau sejenisnya, tapi juga miras jenis lain seperti Sofi, Arak, Brem, yang juga mengandung alkohol,” sebutnya.

Tidak itu saja, sambungnya, dalam Perda Miras yang akan di revisi juga nanti akan diatur sanksi yang lebih tegas dan memiliki efek jera.

Sementara untuk Zakat, menurut Duta Partai Gerindra itu, selama ini memang tidak ada Perda yang mengatur pengelolaannya. Padahal, jika diatur dengan baik, maka dari Zakat, Tujuh Asnaf yang menjadi penerima zakat bisa hidup lebih sejahtera. “Nanti Baznas daerah tetap difungsikan sebagaimana mestinya,” tambahnya.

*Bin

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *