Panwaslu Sorot Terlambatnya Penyerahan DP4

Kabupaten Bima, Kahaba.- Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Bima menyorot terlambatnya penyerahan Data Penduduk Potensial Pemilu (DP4) oleh Pemerintah Daerah ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima. Padahal, pada 11 Juni 2015 sudah dimulai tahapan penyerahan syarat dukungan pasangan perseorangan.

Ketua Panwaslu Kabupaten Bima Abdullah SH

Ketua Panwaslu Kabupaten Bima Abdullah SH

“Harusnya DP4 sudah diserahkan saat ini karena tahapan penyerahan syarat dukungan pasangan perseorangan sudah dimulai,” sorot Ketua Panwaslu Kabupaten Bima, Abdullah, SH.

Diakuinya, DP4 perlu segera diserahkan karena akan menjadi acuan kevalidan jumlah penduduk di Kabupaten Bima dari pendataan terbaru. Tentu, data itu juga akan digunakan untuk mengetahui berapa jumlah pemilih, apakah berkurang atau bertambah.

Meski begitu kata dia, Data Agregat Kependudukan Perkecamatan (DAK2) telah diserahkan Pemerintah Daerah lebih awal pada April 2015 lalu. Data itu tetap bisa digunakan sebagai acuan untuk melihat persebaran dukungan calon perseorangan.

“Untuk mengetahui jumlah pemilih kan tidak bisa kita memperkirakan, harus ada data terbaru yang digunakan karena perubahan jumlah pemilih pasti ada,” terangnya.

Untuk itu diharapkannya, Pemerintah Kabupaten Bima segera berkoordinasi dengan KPU terkait penyerahan DP4 tesebut. Sebab, tahapan yang berjalan tidak mungkin bisa diundur lagi karena itu jadwal yang dikeluarkan KPU Pusat.

“Kami juga akan berkoordinasi dengan KPU menanyakan hal itu. Jangan sampai tahapan terganggu karena DP4 belum diserahkan,” tandasnya.
*Erde

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *