459 TKI Bima Siap Diberangkatkan

Kabupaten Bima, Kahaba.- Sebanyak 459 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Kabupaten Bima tahun ini siap diberangkatkan di berbagai Negara. Namun sebelum itu, mereka akan diberikan bekal yang cukup.

Ilustrasi

Ilustrasi

Kabid Pengembangan Ketenagakerjaan Disnakertrans Kabupaten Bimam, Moh Sabri, SH mengatakan, proses penyeleksian TKI dan TKW mulai dilakukan beberapa waktu lalu dan berakhir hari Rabu (8/7) kemarin.

Menurutnya, beberapa hari lalu ada sekitar 10 orang TKW yang didampingi pihak PJTKI mengikuti proses penyeleksian dan pemberian pengarahan serta pengisian biodata. “Rencananya mereka akan diberangkatkan ke Singapura dan Taiwan,” sebutnya.

Para TKI nanti akan mengurus dokumen termasuk paspor, kemudian akan masuk pelatihan terkait cara mengurus anak, memasak, mencuci atau yang berkaitan dengan urusan rumah tangga.

“Pelatihan nanti akan berlangsung selama tiga bulan. Selama dalam proses itu juga para TKI diberikan pengarahan berada di luar negeri dan diingatkan untuk tidak melarikan diri. Sebab, TKI maupun merupakan tanggungjawab PJTKI,” jelasnya.

Ia menambahkan, kendati bulan puasa, pihaknya tetap melakukan seleksi terhadap para TKI yang akan diberangkatkan. Itu dilakukan guna menghindari TKI yang menempuh jalur ilegal.

*Teta

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *