Kabar Bima

Program Keluarga Harapan Kabupaten Bima Diluncurkan

259
×

Program Keluarga Harapan Kabupaten Bima Diluncurkan

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Asisten II Setda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Drs. Muzakkir, M.Sc  Kamis (30/7) melakukan sosialisasi dan peluncuran perdana pembayaran bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) bagi anggota rumah tangga kategori SMA di aula kantor Camat Woha .

Peluncuran PKH oleh Asisten II. Foto: Hum
Peluncuran PKH oleh Asisten II. Foto: Hum

Pada kegiatan yang  juga dihadiri kepala Dinas Sosial Kabupaten Bima Drs. Rusydi, M.Si dan warga (KK) penerima  bantuan dan para pendamping program ini, Drs. Muzakkir dalam arahan mengatakan PKH merupakan program Pemerintah yang dihajatkan untuk  menyentuh kebutuhan warga Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM ) di seluruh kecamatan.

Program Keluarga Harapan Kabupaten Bima Diluncurkan - Kabar Harian Bima

Melalui intervensi ini secara bertahap akan meringankan beban RTSM yang berada di wilayah kecamatan dengan pemenuhan kebutuhan sehari – hari melalui bantuan yang diberikan baik dalam jangka pendek maupun  investasi sumber daya manusia.

“Dengan demikian diharapkan agar generasi berikutnya dapat keluar dari perangkap kemiskinan dan bermanfaat terutama untuk membiayai sekolah bagi anak didik warga RTSM,” jelasnya melalui siaran pers yang disampaikan Kabag Humas dan Protokoler Setda Kabupaten Bima, M. Chandra Kusuma, AP.

Mantan Kepala Bappeda Kabupaten Bima ini menjelaskan, sebagai program lintas lembaga maka program ini memerlukan koordinasi intensif diantara semua instansi terkait yang terlibat didalamnya, agar tujuan utama PKH dalam  mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia terutama pada kelompok masyarakat miskin dapat dicapai.

Pada kesempatan tersebut, kepala Dinas Sosial Kabupaten Bima Drs. Rusydi,M.Si dalam laporan mengatakan,  pencairan ini merupakan II periode Juli sampai dengan  Agustus 2015 bagi tiga kecamatan yaitu  Woha sebanyak 788 RTSM di 15 Desa dengan total anggaran Rp 759 juta.  Kecamatan Belo sebanyak 202 RTSM untuk tujuh Desa dengan total anggaran Rp 203,9 juta dan Kecamatan Palibelo sebanyak 455 RTSM pada sembilan Desa dengan total anggaran Rp 460 juta.

H. Rusydi menambahkan, dana yang diterima berkat antara Rp 1 juta hingga Rp 1,8 juta  dan pencairan dilakukan di kantor Pos masing – masing Kecamatan.

Penyerahan bantuan  dilakukan  secara simbolis oleh Asisten II Drs. Muzakkir, M.Sc kepada tiga orang perwakilan dari masing-masing kecamatan.
*Bin/Hum