11 Kecamatan di Bima Terancam Kekeringan

Kabupaten Bima, Kahaba.- Sejumlah Kecamatan di Kabupaten Bima kini terancam kekeringan. Karena mulai terkena imbas Elnino, sekitar 11 Kecamatan akan mengalami kekurangan cadangan air bersih.

Ilustrasi

Ilustrasi

BPBD Kabupaten Bima menyebutkan, dari 11 Kecamatan tersebut diantaranya Palibelo, Woha dan Donggo. Saat inipun Pemerintah masih terus lakukan pendataan.

“Akibat Elnino mengakibat terjadinya perubahan iklim ekstrim yaitu terjadinya kemarau panjang di tahun ini,” ujar Kepala BPBD Kabupaten Bima, H. Sumarsono, SH di kantor DPRD, Jum’at (7/8).

Diperkirakannya, Bulan Juli sampai November akan terjadi kemarau panjang. Saat ini dampaknya sudah melanda 11 Kecamatan, tetapi belum ada yang signifikan.

“Kita terus lakukan pemantauan dibeberapa wilayah lain bersama BPBD Provinsi. Ada tiga sampel, Kecamatan Palibelo, Woha dan Donggo,” sebutnya.

Mengenai luas lahan pertanian yang mengalami kekeringan, sambungnya, untuk sementara belum ada laporan. Namun pihaknya akan segera bergerak dan melakukan pemantauan.

“Sekarang kita siapkan surat Bupati untuk antisipasi bencana kekeringan. Melalui surat ini akan ada antisipasi dan BPBD. Termasuk penyediaan air bersih,” katanya.

*Abu

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *