Kabar Bima

11 Kecamatan di Bima Terancam Kekeringan

360
×

11 Kecamatan di Bima Terancam Kekeringan

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Sejumlah Kecamatan di Kabupaten Bima kini terancam kekeringan. Karena mulai terkena imbas Elnino, sekitar 11 Kecamatan akan mengalami kekurangan cadangan air bersih.

Ilustrasi
Ilustrasi

BPBD Kabupaten Bima menyebutkan, dari 11 Kecamatan tersebut diantaranya Palibelo, Woha dan Donggo. Saat inipun Pemerintah masih terus lakukan pendataan.

11 Kecamatan di Bima Terancam Kekeringan - Kabar Harian Bima

“Akibat Elnino mengakibat terjadinya perubahan iklim ekstrim yaitu terjadinya kemarau panjang di tahun ini,” ujar Kepala BPBD Kabupaten Bima, H. Sumarsono, SH di kantor DPRD, Jum’at (7/8).

Diperkirakannya, Bulan Juli sampai November akan terjadi kemarau panjang. Saat ini dampaknya sudah melanda 11 Kecamatan, tetapi belum ada yang signifikan.

“Kita terus lakukan pemantauan dibeberapa wilayah lain bersama BPBD Provinsi. Ada tiga sampel, Kecamatan Palibelo, Woha dan Donggo,” sebutnya.

Mengenai luas lahan pertanian yang mengalami kekeringan, sambungnya, untuk sementara belum ada laporan. Namun pihaknya akan segera bergerak dan melakukan pemantauan.

“Sekarang kita siapkan surat Bupati untuk antisipasi bencana kekeringan. Melalui surat ini akan ada antisipasi dan BPBD. Termasuk penyediaan air bersih,” katanya.

*Abu