STIE Expo, Wujudkan Mahasiswa Berjiwa Wirausaha

Kota Bima, Kahaba.- Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima kembali menggelar kegiatan Expo dengan tema “Learn and Do To Become a Young Entrepreneur”. STIE Expo yang kedelapan kalinya itu bertempat di halaman Bekas Kantor Bupati. Rencananya, kegiatan digelar selama tiga hari, mulai hari Jumat 14 Agustus dan berakhir Minggu siang tanggal 16 Agustus 2015.

Ketua STIE Bima dan para dosen memantau stan mahasiswa. Foto: Bin

Ketua STIE Bima dan para dosen memantau stan mahasiswa. Foto: Bin

STIE Expo dibuka sejak Jumat pagi oleh Koordinator Kopertis Wilayah VIII Denpasar, Prof DR. Inengah Astawa. Juga dihadiri oleh Ketua STIE Bima dan seluruh Civitas kampus setempat.

Ketua Panitia Kegiatan Mistar SE, MM mengatakan, kegiatan tersebut rutin dilaksanakan setiap tahun, dengan tujuan mengaplikasi visi STIE Bima yang berwawaskan kewirausahaan.

“Kita tidak ingin Visi itu hanya semboyan saja. Perlu ada langkah konkrit untuk mengaplikasikan. Diantaranya kita gelar STIE Expo,” ujarnya usai memantau dan mendata produk yang dijual masing-masing Stan.

Kegiatan tersebut juga dimaksudkan untuk mewujudkan alumni STIE Bima yang memiliki jiwa kewirausahaan. Sehingga diharapkan bisa menjadi wirausaha muda. Dengan demikian, Alumni tidak menjadi beban pemerintah, tapi mampu membuka lapangan kerja sendiri.

Ketua STIE Bima dan para dosen memantau stan mahasiswa. Foto: Bin

Ketua STIE Bima dan para dosen memantau stan mahasiswa. Foto: Bin

“Kegiatkan ini juga bertujuan memperkenalkan kepada masyarakat, bahwa mahasiswa STIE Bima memiliki potensi, dan bisa menampilkan produk diwilayah KKN. Karena pengalaman selama ini, masyarakat sangat antusias menghadiri dan menampilkan produk tersebut, tak sedikit juga dihadiri kepala Desa, dan tokoh masyarakat dari lokasi KKN,” jelasnya.

Kata dia, produk yang dipamer dan dijual oleh mahasiswa berbeda-beda, sesuai dengan jenis produk yang berada di daerah KKN. Sementara sistem penjualan dari masing-masing kelompok, berbeda beda. Yang laku terjual, akan dibayarkan kembali ke masyarakat, sementara produk yang masih tersisa, dikembalikan.

Suasana STIE Expo di sore hari. Foto: Bin

Suasana STIE Expo di sore hari. Foto: Bin

“Selain produk dari masyarakat. Mahasiswa juga memamerkan produk hasil kreatifitas sendiri. Contohny, kita punya UKM kemahasiswaan, produk yang dipamerkan hasil kreatifitas mahasiswa,” pungkasnya.

Selain itu Lomba Stand dengan jenis penilaian dari penampilan stand dan omset penjualan serta jumlah produk yang dijual, sambung pria yang juga Ketua KKN tahun ini, untuk memeriahkan kegiatan STIE Expo, juga diisi dengan berbagai lomba. Seperti, Lomba Balap Karung, Lari Kelereng, Tarik Tambang, kemudian Lomba Joged Dangdut, Goyang 25, juga diisi dengan hiburan Band Band Lokal.

Foto bersama Ketua STIE Bima dan mahasiswa. Foto: Bin

Foto bersama Ketua STIE Bima dan mahasiswa. Foto: Bin

“Kegiatan tahun ini kami juga mengundang Artis Ibukota, Ady Bima dan kekasihnya Tria. Mereka akan menghibur masyarakat Bima di STIE Expo pada hari Minggu malam,” tambahnya.

Sebelum itu, Ketua STIE Bima dan dosen memantau sejumlah produk yang dipamerkan mahasiswa masing-masing stan. Selain menyimak pemaparan mahasiswa tentang produk,  dosen juga mencicipi produk makanan yang dipamerkan.

*Bin

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *