Sekda Bima Buka Bimbingan Manasik Haji

Kabupaten Bima, Kahaba.- Sekda Kabupaten Bima Drs. HM. Taufik HAK, M.Si Rabu (19/8) membuka secara resmi kegiatan bimbingan manasik haji Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Bima di Masjid Sultan Muhammad Salahudin Bima.

Sekda Kabupaten Bima saat memberikan arahan. Foto: Hum

Sekda Kabupaten Bima saat memberikan arahan. Foto: Hum

Kegiatan tersebut dihadiri Assisten II Sekda Bima, Kepala Kemenag Kabupaten Bima, para peserta rombongan CJH, para pendamping dan Dokter atau petugas Kesehatan Kabupaten Bima.

Dalam arahannya Sekda lebih awal menyampaikan ucapan selamat kepada rombongan CJH Kabupaten Bima yang merupakan tamu Allah akan menunaikan ibadah haji ditanah suci Mekkah sekaligus menunaikan rukun Islam yang kelima.

Pada kesempatan itu, ia meminta agar CJH selama menjalankan kegiatan manasik haji yang diberikan pembimbing, harus benar – benar dapat memperhatikan dengan seksama, sehingga dari bimbingan yang diberikan dapat dilaksanakan dengan baik di Mekkah nanti.

“Selama menjalankan ibadah haji juga kita harus menjaga kesehatan. Ini penting karena suhu di wilayah mekkah sangatlah berbeda, sehingga kita harus betul – betul menjaga kesehatan serta ikuti petunjuk yang diberikan oleh para pembimbing dan petugas haji,” katanya melalui siaran Pers yang disampaikan Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima M. Chandra Kusuma AP.

Sekda Bima juga berharap semoga dengan adanya manasik haji, nantinya CJH dapat menjalankan ibadah haji dengan khusyu dan mendapatkan predikat haji yang mabrur.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kabupaten Bima Drs. HM. Saleh Karim mengatakan pelaksanaan bimbingan manasik haji dilaksanakan selama dua hari, mulai tanggal 19 Agustus – 20 Agustus 2015. Untuk hari pertama, CJH akan diberikan teori, hari kedua praktek tata cara melaksanakan ibadah haji.

Kata dia, CJH Kabupaten Bima masuk dalam kloter sembilan dan kloter 10. Untuk kloter 10 CJH Kabupaten Bima akan bergabung dengan CJH Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Dompu, Kabupaten Lombok Barat serta calon jamaah haji dari Kota Mataram.

Untuk jumlah CJH Kabupaten Bima, sebutnya sebanyak 458 orang, yang terdiri dari kloter sembilan berjumlah 360 orang dan tujuh orang pendamping. Untuk kloter 10 berjumlah 98 orang.

“CJH diberangkatkan dari Bima mulai tanggal 2 September 2015 dan tanggal 3 September 2015 akan masuk Asrama di Kota Mataram. Tanggal 4 September 2015 diberangkatkan ke Jeddah melalui Bandara Internasional Lombok ,” tambahnya.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *