Hebat, SDN 11 Kota Bima Raih Juara III Nasional

Kota Bima, Kahaba.- Jika sungguh – sungguh ingin berhasil, maka keberhasilan itu akan datang menghampiri. Kalimat itu tepat dialamatkan kepada SDN 11 Kota Bima. Berkat kesungguhannya menggarap sekolah sehat, sekolah bertingkat di Kelurahan Manggemaci itu melenggang ketingkat Nasional dan meraih prestasi.

Kepala SDN 11 Kota Bima mendapat ucapan selamat dari Wakil Walikota Bima. Foto: Teta

Kepala SDN 11 Kota Bima mendapat ucapan selamat dari Wakil Walikota Bima. Foto: Teta

Kendati hanya memperoleh juara III, namun capaian itu membuktikan mereka bisa masuk dalam deretan terbaik, bukan saja mewakili Provinsi NTB tapi juga berhasil menyingkirkan sejumlah sekolah lain di sejumlah daerah di Indonesia. Tentu, keberhasilan itu mengharumkan nama Kota Bima dikancah Nasional.

Kesungguhan SDN 11 Kota Bima membangun sekolah Sehat juga mendapat penghargaan dari empat Kementrian. Masing-masing Kementrian Dalam Negeri, Kementrian Agama, Kementrian Kesehatan dan Kemendikbud.

Kepala SDN 11 Kota Bima Hj. Maryamah mengatakan, sekolah sehat yang digarap olehnya mencakup semua. Tidak saja ruangan belajar mengajar, tapi juga toilet sehat, kantin sehat, dan seluruh lingkungan dalam sekolah harus sehat. Kemudian di masing-masing garapan, siswa dipilih menjadi duta untuk mempresentasikannya pada saat lomba.

“Alhamdulillah, kita dapat juara tiga tingkat Nasional untuk kategori Sekolah Pencapaian Terbaik (The Best Achievement),” sebutnya, Senin (24/8), di sekolahnya.

Kata dia, capaian tersebut diawali saat dirinya menakhodai sekolah tersebut. Kemudian pada Tahun 2013 lalu, SDN 11 ini mengikuti lomba UKS tingkat Kota Bima dan mendapatkan juara 1. Berikutnya, pada tahun 2014, kembali mengikuti tingkat Provinsi NTB dan meraih juara, sekaligus mewakili Provinsi NTB untuk tingkat Nasional.

“Jujur kami kaget ketika mendapat undangan dari Kementrian untuk hadir. Karena saat itu, yang juara belum diberitahu. Kita berangkat ke Jakarta tanggal 15 Agustus untuk menerima penganugerahan itu,” katanya.

Ditanya tips yang sudah dilakukan, agar bisa dicontoh oleh sekolah lain, Maryamah mengaku, memang tidak mudah, karena dibutuhkan kesabaran dan manajemen yang baik. “Tapi yang terpenting, ketika kita ingin mulai melakukannya, kita tidak saja bisa memberi perintah, tapi harus bisa mengajak dan bersama seluruh civitas sekolah untuk bahu membahu dan bekerja sama dengan baik,” terangnya.

Sebelumnya, Wakil Walikota Bima H. Arahman H. Abidin, dalam sambutanya saat apel gabungan di Kanto Walikota Bima mengucapkan selamat untuk SDN 11 Kota Bima karena telah membawa nama baik Kota ketingkat Nasional.

“Ini prestasi yang harus terus dipertahankan, bila perlu ditingkatkan lagi agar bisa meraih juara satu tingkat Nasional,” ucapnya.

Tidak hanya SDN 11 saja yang harus mendapatkan penghargaan itu, tambahnya, sekolah lain di Kota Bima juga bisa melakukan hal yang sama. Hanya saja, kemauan dan tekad harus terus diasah. “Untuk hal ini, semua sekolah harus berkompetisi,” tambahnya.

*Bin/Teta

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *