PKPU Salurkan Air Bersih Untuk Warga

Kabupaten Bima, Kahaba.- Dampak musim kemarau saat ini kembali mengakibatkan terjadinya kekeringan di sejumlah tempat, baik di Kota Bima maupun Kabupaten Bima. Kondisi itu membuat warga kesulitan mendapatkan air bersih karena mata air dan sumur sebagai sumber air bersih mengering.

PKPU saat menyalurkan air bersih. Foto: Erde

PKPU saat menyalurkan air bersih. Foto: Erde

Untuk meringankan beban warga itu, Lembaga Kemanusiaan Nasional Pos Keadilan Peduli Ummat (PKPU) Kota Bima menyalurkan bantuan air bersih bagi warga yang membutuhkan di Kota Bima. Penyaluran itu sudah dilakukan sejak Jum’at (21/8) dan rencananya hingga Senin (31/8) mendatang.

“PKPU juga telah menyumbang 9 tandon air di beberapa kelurahan di Kota Bima. Sementara untuk droping air, kami lakukan dua kali sehari bekerjasama dengan BPBD,” kata Ketua Devisi Bencana PKPU Pulau Sumbawa, Irmansyah, kemarin.

Irmansyah menjelaskan, sebelum penyaluran air dilakukan, Tim PKPU sudah lebih dulu melakukan survey dan pendataan dimana saja lokasi yang terkena dampak kekeringan di Kota Bima.

“Dari hasil data yang kami himpun, ada enam kelurahan yang kerap menjadi langganan kekeringan dan kekurangan air bersih. Yakni Kelurahan Dara, Rite, Panggi, Rontu, Melayu dan Tanjung,” ungkapnya.

Meski ada sisa air di sumur dan ledeng jelas dia, rata-rata warga di enam kelurahan mengeluhkan kondisi air sudah berubah rasa dan aromanya. Warga mengeluhkan rasa air yang asin, kemudian berbau seperti air seperti air got dan sabun sehingga tidak bisa lagi dikonsumsi.

“Hasil koordinasi kami dengan BPBD Kota Bima, sejak Kamis (05/08) lalu enam kelurahan yang terkena dampak itu mulai mengajukan permohonan pasokan air bersih,” akunya.

Atas dasar itu, PKPU merasa terpanggil dan peduli untuk membantu kebutuhan air bersih bagi warga. Keinginan itu juga direspon baik oleh BPBD sehingga selama seminggu terakhir turun bersama menyalurkan air bersih.

“Alhamdulillah, bantuan air dan tandon yang kami salurkan direspon positif oleh warga. Mereka bahkan berharap, bantuan air bersih bisa terus disalurkan selama musim kemarau ini,” tuturnya.

Irmansyah menambahkan, pekan depan pihaknya juga berencana akan turun ke sejumlah kecamatan di Kabupaten Bima yang terkena dampak kekeringan untuk menyalurkan air bersih.

“Tentunya kami berharap ada dukungan dari Pemerintah Daerah untuk turun bersama membantu warga,” tandasnya.

*Erde

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *